Inilah 10 Tanda Bahwa Kelenjar Tiroid Anda Bermasalah!

Loading...

Tanda Bahwa Kelenjar Tiroid Anda BermasalahKelenjar tiroid merupakan kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh manusia yang berfungsi mengatur pembakaran, membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh pada hormon lainnya.

Jika Anda memiliki kelenjar berbentuk kupu-kupu pada leher Anda, bisa jadi itu merupakan tanda ada sesuatu yang salah pada kelenjar tiroid Anda.

Wanita berusia 35 tahun ke atas  beresiko 30% lebih besar terserang gangguan tiroid dibandingkan kelompok usia lainnya.

Di Amerika Serikat, setidaknya ada 30 juta orang yang memiliki gangguan kelenjar tiroid dimana setengah diantaranya tidak menyadari ada gangguan pada kesehatan mereka.

Setidaknya ada 10 tanda yang perlu Anda kenali sehubungan dengan adanya kemungkinan masalah pada kelenjar tiroid Anda.

1. Mudah Lelah

Ciri utama yang sering ditemukan pada penderita gangguan kelenjar tiroid adalah kelelahan yang luar biasa. Biasanya hal itu ditandai dengan tidur dalam waktu lama namun tetap merasa tidak segar di pagi harinya. Rasa lelah sepanjang hari bisa disebabkan karena hormon tiroid Anda tidak aktif.

2. Merasa Sedih dan Tidak Bersemangat

Apa hubungannya perasaan sedih dengan kelenjar tiroid? Rendahnya hormon tiroid pada tubuh Anda dapat menurunkan kadar “good mood” serotonin pada otak Anda sehingga Anda pun menjadi sensitive dan mudah sedih.

READ:  Makanan Terbaik Saat Sedang Menstruasi

3. Cemas yang Berlebihan

Jika kelenjar tiroid Anda terlalu aktif dan menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, maka apa yang Anda rasakan adalah tubuh Anda menjadi selalu aktif, Anda mudah cemas dan banyak memikirkan hal yang sepele. Hormon tiroid yang hiperaktif akan membuat Anda sangat gelisah, cemas dan tidak bisa tenang.

4. Otak Anda menjadi Lebih Sensitive

Jika kadar  tiroid Anda meningkat, maka Anda akan merasa sulit konsentrasi sementara jika kadar hormon tiroid Anda menurun, Anda pun menjadi sosok yang mudah lupa. Banyak wanita yang salah paham dengan gejala ini. Sebagian besar wanita mengira gangguan dengan otak mereka adalah salah satu gejala menopause padahal itu adalah efek dari perubahan kadar tiroid.

5.  Kehilangan Gairah Seks

Rendahnya hormon tiroid juga dapat menurunkan kadar libido sehingga menurunkan gairah dalam melakukan hubungan seks. Bila gangguan seks ini muncul dalam jangka waktu yang lama maka Anda perlu memeriksakan kadar tiroid Anda.

6. Jantung Berdebar-debar

Bila Anda mengalami hipertiroid atau keadaan dimana kadar tiroid Anda sangat tinggi, Anda mungkin mengalami efek seperti jantung berdebar, Anda tiba-tiba mudah gugup bahkan merasa sangat lemas dan jantung Anda berdetak seperti ingin meledak.

READ:  Apa itu Hipotiroid?

7. Kulit Kering

Kadar tiroid yang rendah dapat menurunkan metabolisme yang dapat memperlamban proses regenerasi kulit. Rendahnya hormon tiroid juga dapat mengurangi produksi keringat yang akan membuat kulit mudah kering.

8. Masalah Buang Air Besar

Jika kadar tiroid Anda rendah, maka Anda akan mengalami sulit buang air besar dan masalah pencermaan lain seperti mudah kenyang. Sebaliknya bila Anda mengalami hipertiroid atau kadar tiroid yang terlalu tinggi, maka Anda akan sering buang air besar bahkan mudah diare.

9. Kram pada Otot

Bila Anda secara berulang kali mengalami kaku dan kram otot pada beberapa bagian seperti mata kaki, pergelangan dan jari kaki setelah beraktivitas berat seperti olahraga, maka bisa saja hormon tiroid Anda berada dalam kadar yang kurang sehingga tidak mampu menerjemahkan sinyal ke otak secara lancar.

10. Tekanan Darah Tinggi

Tingginya tekanan darah Anda bisa jadi merupakan gejala dari rendahnya hormon tiroid Anda. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan, tingginya hormon tiroid Anda dapat meningkatkan produktivitas jantung menghasilkan darah yang membuat tekanan darah meningkat.

READ:  Vitamin dan Suplemen Untuk Rambut

(foto: ehow.com)