Manfaat Setiap Gerakan Shalat bagi Kesehatan

Loading...

manfaat gerakan shalatShalat merupakan sebuah ibadah wajib bagi kaum muslim baik laki-laki mapun perempuan. Shalat dilakukan dengan waktu dan tata cara yang telah ditentukan oleh agama islam.

Kewajiban shalat jatuh pada setiap diri yang memang sudah layak untuk menjalankannya, seperti seseorang muslim yang berakal dan baligh atau dewasa maka jika sudah memenuhi syarat tersebut wajib baginya untuk melakukan shalat 5 waktu dalam sehari.

Tapi apakah anda tahu mengenai manfaat dari setiap gerakan shalat yang anda lakukan selama ini? Gerakan setiap shalat memang terkesan unik dan membutuhkan banyak aktifitas gerak pada saat kita melakukan shalat.

Pada ulasan ini kami menjelaskan mengenai setiap manfaat yang terkandung pada gerakan shalat bagi kesehatan tubuh kita:

1. Gerakan Takbiratul Ihram

Pada awal kita hendak mendirikan shalat maka di saat itu kita harus berdiri tegak dan mengangkat kedua tangan sejajar dengan kedua telinga kemudian meletakkannya di bawah dada atau tepatnya di bagian perut.

Manfaatnya adalah pada saat tubuh berdiri tegak dengan merenggangkan kedua tangan maka gerakan ini sejatinya melancarkan aliran darah dan getah bening serta melatih kekuatan otot tangan. Pada saat posisi berada di atas jantung maka hal ini memungkinkan aliran darah akan lancar dan oksigen dapat mengalir dari otak menuju ke jantung.

2. Gerakan Rukuk

Dalam aturan gerakan shalat, setelah kita melakukan takbiratul ihram maka selanjutnya kita melakukan rukuk. Gerak rukuk dilakukan dengan tulang punggung sejajar antara tulang pinggul dan bagian kepala, posisi ini ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang belakang dengan menyangga tubuh bagian atas untuk menyehatkan pusat saraf.

Dengan posisi jantung dan otak yang sejajar maka aliran darah akan lebih maksimal pada bagian tengah tubuh, selain manfaat itu ternyata gerakan rukuk adalah gerakan untuk melatih kemih dan mencegah ganguan prostat pada laki-laki.

3. Gerakan Sujud

Gerakan shalat yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Dengan posisi jantung lebih tinggi dari otak maka itu memungkinkan darah yang kaya akan oksigen mengalir lebih cepat ke bagian otak yang bisa mempengaruhi dan memaksimalkan fungsi pikir seseorang.

Dan ternyata gerakan sujud pada shalat memiliki manfaat yang baik bagi wanita, baik untuk kesuburan, pada masa kehamilan dan kesehatan organ kewanitaan.

4. Gerakan Duduk

Di dalam shalat terdapat dua jenis duduk, yakni duduk pada tasahud awal dan duduk pada tasahud akhir. Gerakan duduk pada shalat ini sangat bermanfaat untuk laki-laki dan perempuan.

Pada saat duduk dalam shalat maka salah satu kaki menekan aliran kandungan kemih dan kelenjar kelamin pria, jika hal ini dilakukan dengan benar dan sesuai dengan gerakan shalat yang telah ditentukan maka itu bermanfaat untuk mencegah impotensi pada pria.

Sedang bagi wanita, gerakan duduk pada shalat ternyata juga memiliki manfaat yang hampir sama pada lelaki, yakni melatih organ kewanitaan serta menghindarkan dari ganguan kesuburan pada wanita.

5. Gerakan Salam

Pada gerakan yang terakhir yakni salam, pada saat kita memiringkan kepala ke bagian kiri dan kanan, maka pada saat itu ternyata otot wajah akan tertarik dan itu bermanfaat untuk mengencangkan otot Wajah dan menjaga wajah agar tetap kencang.

Terkhusus bagi wanita ada beberapa gerakan yang memang sangat besar sekali manfaatnya, seperti pada gerakan sujud. Pada saat sujud, wanita akan mengangkat tubuh bagian atasnya serta dada lebih tinggi dari kepala, dan hal ini memungkinkan bisa membantu mengencangkan payudara karena pada gerakan ini payudara wanita akan tertarik ke atas.

Dan pada gerakan ini wanita akan sedikit menekan perut mereka, hal ini yang akan membantu wanita mempermudah pada saat proses persalinannya nanti.

**

Demikian mengenai manfaat yang terkandung dari setiap gerakan shalat yang memang sangat diwajibkan bagi kita khususnya umat muslim.

Jadi intinya semua gerakan shalat yang kita lakukan dengan baik dan benar ternyata memiliki khasiat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dan lakukanlah shalat dengan gerakan dan tata cara yang benar agar mendapatkan kesehatan jasmani dan juga rohani tentunya.

READ:  7 Minuman Beralkohol Penyebab Kegemukan