4 Langkah Awal Berbisnis Rumah Kost

Loading...

Berbisnis Rumah KostPada masa sekarang, usaha rumah kost bisa menjadi sumber pemasukan yang sangat menggiurkan. Bayangkan, dengan pengaturan yang tidak terlalu menyita waktu, anda sudah bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan di setiap bulannya.

Usaha ini tidak perlu anda awasi sepanjang waktu, namun anda cukup mengontrolnya sesekali dalam setiap bulannya. Nah untuk sisa waktu anda yang cukup banyak dalam sebulannya, tinggal anda manfaatkan untuk mengerjakan hal positif lainnya. Menarik bukan?

Nah untuk memiliki rumah kost, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk kali ini kami berbagi informasi tentang tips awal berbisnis rumah kost, semoga bermanfaat bagi anda yang tengah mencoba menjajaki bisnis yang satu ini.

Pilih Cara Pendanaan

Memang, untuk memiliki sebuah rumah yang nantinya bisa menjadi sumber pemasukan bagi anda, tentu tidaklah mudah, anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk anda yang mampu membeli secara cash, tentu bukanlah masalah, tetapi jika hanya memiliki modal yang pas-pasan, bahkan tidak memiliki modal sama sekali, tentu hal ini bisa menjadikan tantangan buat anda.

READ:  Tips dan Trik Mengembangkan Salon Muslimah

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips dan triks yang aman yang dapat anda search di internet. Mulai dari membeli property tanpa modal, hingga pinjaman dari bank yang dapat disesuaikan dengan kemampuan kantong anda.

Tentukan Lokasi

Berbeda tempat, berbeda pula pengeluaran dan juga pendapatan. Ungkapan ini sepertinya dapat menjadi acuan bagi anda ketika akan memilih lokasi.

Misalnya anda ingin membeli rumah kost dengan target karyawan, tentu alangkah baiknya apabila anda membeli rumah kost yang dekat dengan lingkungan perkantoran. Demikian pula sebaliknya, ketika target anda adalah mahasiswa, belilah rumah yang tidak jauh dari lingkungan kampus ataupun sekolah.

Dari kedua lokasi tersebut, jumlah yang dikeluarkan pun tentu saja berbeda. Contoh, untuk membeli lokasi rumah di lingkungan dekat perkantoran, biasanya memiliki harga yang relatif cukup tinggi dibanding membeli rumah di sekitar lingkungan kampus atau sekolah.

Demikian pula untuk pendapatannya, biasanya tempat kost yang berada dekat dengan lingkungan perkantoran nilai sewa perbulannya, lebih tinggi dibanding tempat kost yang berlokasi dekat dengan lingkungan kampus atau sekolah.

READ:  Ingin Berwirausaha? Pelajari Tips Suksesnya!

Hal yang anda harus cermati dalam membeli properti adalah fasilitas air dan listrik. Selain itu, faktor keamanan dan kenyamanan dari lokasi tersebut juga harus anda perhatikan. Semakin aman dan mudah diakses, tentu lokasi tersebut semakin banyak diminati.

Pilih Rumah yang Sesuai dengan Budget

Dengan keuangan tidak terbatas, tentu anda dengan mudah membeli rumah kost yang langsung jadi, dalam artian sesuai dengan apa yang anda harapkan. Misalnya, semua ruangan telah tertata layaknya sebuah kamar hotel, hingga sejumlah fasilitas pendukungnya pun dapat anda penuhi, seperti kamar mandi, dapur di dalam, dan lain sebagainya.

Namun, kalau keuangan anda terbatas, pilihlah rumah yang memungkinkan anda untuk dapat menatanya sedikit demi sedikit, sesuai dengan budget yang anda miliki. Untuk pengembangannya nanti, dapat anda lakukan secara bertahap, seiring dengan berjalannya waktu.

Periksalah Surat-surat Rumah

Setelah anda mendapatkan lokasi rumah yang sesuai untuk anda dalam memulai usaha kost-kostan ini, faktor penting lain dalam hal membeli rumah yang patut anda cermati adalah memeriksa kelengkapan surat-surat rumah, seperti, Sertifikat Hak Milik, IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

READ:  Bisnis Sampingan Tanpa Modal Untuk Wanita

Hal ini sangat penting anda minta kepada si penjual rumah, agar anda tidak menemui kesulitan di masa yang akan datang.

(foto: propertybatam.com)