Ini Dia 4 Kapal yang Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Loading...

Berbicara soal transportasi laut berarti berbicara tentang kapal. Selain sebagai alat transportasi, kapal juga dijadikan kendaraan tempur oleh berbagai negara.

Berbagai bentuk dan ukuran kapal dirancang agar bisa menampung ribuan penumpang. Di awal abad ke 19 telah banyak diciptakan kapal-kapal raksasa yang digunakan untuk transportasi dan kendaraan perang.

Berikut kami mengajak untuk mengenal 4 kapal paling fenomenal sepanjang sejarah.

 1. Santa Maria

Kapal Santa Maria
(foto: marineinsight.com )

Anda kenal Cristopher Colombus? Beliau adalah sang penjelajah dari Spanyol. Kapal Santa Maria yang mempunyai ukuran 70 meter ini adalah kapal yang telah mengantarkan Cristopher Colombus menemukan benua Amerika. Namun kapal ini harus karam karena kecelakaan pada malam natal di tahun 1492. Sampai saat ini, bangkai kapal bersejarah ini belum ditemukan.

2. Battleship U.S.S. Maine

Battleship U.S.S. Maine
(foto: cityofart.net )

Battleship U.S.S. Maine adalah kapal perang Amerika yang mempunyai kontruksi yang megah. Namun, yang membuatnya menjadi kapal bersejarah bukanlah karena kemegahan kontruksinya, melainkan karena meledaknya kapal ini belum diketahui sampai saat ini.

Para ahli sejarah juga tidak menemukan bukti-bukti fisik yang mengakibatkan sebuah ledakan hebat, sehingga membelah kapal dan kemudian menenggelamkan 335 awak kapal. Peristiwa ini terjadi pada malam 15 Februari 1898.

3. German Battleship Bismarck

German Battleship Bismarck
(foto: worldaffairsboard.com )

Kapal ini merupakan kapal terbesar sekaligus tercepat selama perang dunia ke II. Panjangnya adalah 824 meter dengan kecepatan maksimal 30 knot. Pada tahun 1941, mungkin tidak ada kapal yang menakutkan hati angkatan laut Inggris, selain kapal besar milik jerman yaitu German Battleship Bismarck.

Kapal ini digunakan pasukan Jerman untuk menyerang angkatan laut Inggris pada Mei tahun 1941. Kapal perang Jerman ini mampu menewaskan 2.200 orang dalam waktu 2 jam penyerangan. Luar biasa bukan?

 4. RMS Titanic

titanic
(foto: frocksofages.com )

Di antara daftar kapal-kapal di atas, inilah kapal yang paling populer di dunia, karena kisah cinta dua remaja yang terpisah di dalam kapal. Kemudian kisah cinta itu diabadikan melalui film dengan judul “Titanic”.

Kapal mewah ini berlayar dari Inggris menuju Amerika pada tanggal 10 April 1912. Sayangnya, setelah 5 hari perjalanan, kapal ini menabrak gunung es di sekitar Atlantik. Hanya butuh waktu 2 jam untuk menyelamatkan 2300 penumpang kapal dengan sekoci yang terbatas. Kejadian ini merenggut 1500 nyawa penumpang.

READ:  6 Film Dokumenter Terbaik Untuk Ditonton