5 Rahasia agar Bayi Terlelap Sepanjang Malam

Loading...

Rahasia agar Bayi Terlelap Sepanjang MalamMemiliki seorang bayi sama saja melatih Anda untuk tidak tidur pada malam hari. Bayi pada umumnya memiliki pola tidur yang berganti setiap pertambahan usianya.

Sebagai orang tua, Anda harus selalu siap saat malam hari untuk menemani bayi Anda saat mereka bangun entah karena kelaparan, buang air atau hanya sekedar ingin bermain.

Sangat sulit rasanya jika harus duduk sepanjang malam untuk menemani bayi Anda yang terbangun apalagi untuk Anda yang seorang pekerja.

Kebiasaan bayi yang bangun pada malam hari memang tidak sepenuhnya dapat diatasi, tetapi berikut akan kami bagikan beberapa tips agar bayi tidur lelap, yang mungkin akan membuat waktu begadang Anda lebih sedikit dibanding sebelumnya.

1. Cari Tahu Tempat yang Membuat Bayi Tidur Nyenyak

Sebenarnya tidak ada tempat khusus untuk bayi tidur, mereka umumnya akan tertidur saat merasa ngantuk dimana saja bahkan saat sedang digendong. Namun ada beberapa bayi yang akan merasa nyaman untuk tidur di kamar mereka sendiri dan juga ada beberapa bayi yang akan tidur saat berdekatan dengan orang tua mereka dengan sebuah belaian.

READ:  5 Jenis Kegiatan Pengusir Rasa Bosan Untuk Ibu Hamil

Jadi, penting untuk Anda mengetahui dimana tempat yang akan membuat buah hati Anda dapat tertidur dengan nyenyak. Anda juga dapat menggunakan beberapa alat bantu seperti boneka untuk menemani bayi Anda tidur sebagai pengganti keberadaan Anda di sampingnya sehingga akan membuat mereka merasa Anda berada terus di dekatnya.

2. Buat Waktu Tidur

Melakukan sebuah rutinitas yang secara berulang-ulang ternyata dapat membuat bayi tidur nyenyak pada malam hari. Misalnya saat pagi waktunya untuk memandikan bayi, menyusui, menggendong dan akhirnya menyanyikan lagu pengantar tidur. Bayi memiliki otak seperti komputer yang dapat menyimpan ribuan urutan aktivitas yang sering dilakukan dan mengubahnya menjadi sebuah pola.

Ketika Anda memandikan bayi saat sore hari, maka secara tidak langsung akan membuatnya melakukan pola selanjutnya yang sudah sering dilakukan. Saat menyusui, pastikan Anda menyusui bayi di ruangan gelap dan menyanyikan lagu pengantar tidur dengan suara yang sangat rendah.

3. Hindari Tidur Siang yang Berlebihan

Banyak bayi yang menghabiskan waktu mereka tidur saat siang hari dan Anda akan membiarkannya tidur hingga berjam-jam sehingga saat malam hari mereka akan membuat Anda tidak dapat tertidur.

READ:  Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Namun Anda dapat mengakali bayi untuk tidak tidur secara berlebihan saat siang hari dengan memberinya makan, cemilan atau mengajaknya main sehingga secara tidak langsung akan mengurangi waktu tidur siang dan akhirnya si bayi akan terlelap saat malam hari.

Hal ini juga secara tidak langsung akan melatih pikiran bayi dan membantunya untuk memahami bahwa siang hari adalah waktu untuk makan dan bermain sementara waktu malam untuk tidur. Bermain tidak hanya membantu bayi untuk memahami pola harian tetapi juga membuat tubuh bayi merasa lelah dan akhirnya akan tidur sepanjang malam.

4. Pilih Pakaian yang Nyaman

Hal yang dapat mengganggu bayi tidur saat malam hari mungkin saja pakaian yang digunakan. Karena itu sangat penting untuk Anda memilih pakaian yang lembut dan nyaman untuk digunakan saat tidur. Gunakan selimut bulu untuk menghangatkan bayi, yang juga dapat membuatnya tidur lebh nyenyak.

Hindari melapisi bayi dengan banyak baju karena akan membuatnya gelisah saat malam hari sehingga terbangun. Selain itu jangan lupa mengganti popok bayi sebelum menyusui pada malam hari agar membuatnya lebih nyaman.

READ:  Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak

5. Bersihkan Tempat Tidur

Membersihkan debu pada tempat tidur, bantal dan selimut bayi sebelum tidur juga membantu bayi untuk tidur nyenyak saat malam hari. Selain itu menghindarkan bayi dari beberapa jenis penyakit.

**

Demikian beberapa tips dan cara agar bayi tidur nyenyak pada malam hari. Membuat bayi merasa kenyang pada malam hari juga dapat membuatnya tidur nyenyak. Perubahan pola tidur akan terjadi setiap pertambahan usia bayi karena itu nikmati perkembangan bayi sebagai sebuah kesenangan.

(foto: tutzone.org)