7 Manfaat Baik Shea Butter untuk Perawatan Kulit

Loading...

manfaat shea butterShea butter atau body butter adalah jenis produk pelembab kulit yang biasanya dianjurkan untuk Anda yang memiliki kulit kering dan pecah-pecah.

Bahan dari shea butter sebenarnya lebih berat dari produk pelembab atau lotion tetapi kandungan dari shea butter lebih baik dari lotion karena mengandung asam lemak essensial dan vitamin A,C dan E.

Shea butter juga terdapat beberapa jenis misalnya cocoa butter dan mango butter, yang seperti namanya, dibuat dari mangga dan cocoa.

Terdapat banyak manfaat yang diberikan shea butter untuk tubuh, berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Baik Untuk Melembabkan Kulit

Shea butter merupakan pelembab alami karena dapat merangsang produksi minyak yang dilakukan oleh kelenjar sebaceous yang akan melumasi kulit sehingga membuat kulit Anda lembut, halus dan lentur.

2. Menyembuhkan Gangguan Kulit

Shea butter juga merupakan penyembuh kulit alami yang banyak terjadi pada kulit dan gangguan kulit seperti eksim, ruam, noda, flek hitam dan bekas luka kecil. Selain itu, shea butter juga membantu untuk melembutkan kulit kering.

READ:  Cara Membuat Sanggul Simple dan Elegan

Untuk ibu yang baru melahirkan, shea butter sangat baik untuk digunakan secara rutin karena dapat menghilangkan bekas luka dan stretch mark disebabkan oleh kandungan vitamin E , A dan F yang membuat kulit halus dan melembabkannya.

3. Anti Bakteri

Sifat anti bakteri dalam shea butter membantu menyembuhkan luka biasa atau luka bakar. Selain itu juga mengurangi tanda hitam yang biasanya berada di sekitar luka yang sudah mengering. Gigitan serangga atau sengatan serangga juga dapat disembuhkan dengan shea butter.

4. Tabir Surya Alami

Shea butter adalah tabir surya alami dan Anda dapat menggunakannya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun, Anda perlu memakai tabir surya SPF 30 bersama dengan shea butter. Shea butter akan memberikan Anda perlindungan ekstra terhadap matahari dan menjaga kulit Anda lembut sepanjang waktu.

Selain itu, shea butter memiliki sifat untuk menyembuhkan kerusakan kulit akibat sengatan matahari karena mengandung vitamin A yang meningkatkan penyembuhan dan vitamin D yang membantu dalam memperbarui sel-sel kulit .

5. Meratakan Warna Kulit

Jika Anda memiliki bercak warna yang tidak merata pada kulit, maka Anda dapat menggunakan shea butter untuk meratakan dan menyamarkan noda pada warna kulit Anda. Shea butter lebih alami dan menghindarkan Anda dari hydroquinone yang biasanya terdapat dalam beberapa jenis produk pemutih yang berbahaya untuk kulit.

READ:  Tetap Seksi di Usia 50 Tahun!

6. Mencegah Penuaan Dini

Untuk Anda yang sudah memasuki usia 30 tahunan, shea butter membantu untuk menghindari kulit wajah dari garis penuaan dini, mencegah keriput, garis-garis wajah dan juga mengurangi stretch mark pada wajah Anda .

7. Menguatkan Kulit

Shea butter membantu memperbaharui sel-sel kulit dan menjaga elastisitas kulit. Sehingga akan membuat kulit lebih kuat dan lebih kencang apalagi untuk Anda yang berusia. Shea butter mengandung kolagen yang akan mengencangkan kulit yang kendur pada lapisan epidermis. Gunakan setiap hari dan secara teratur sehingga akan membuat kulit lebih kencang.

**

Demikian beberapa manfaat dari shea butter yang baik untuk kulit Anda. Untuk ibu hamil sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter atau konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat.

(foto: care2.com)