7 Cara Menghindari Stres dan Mengatasi Kejenuhan saat Mengurus Rumah

Loading...

menghilangkan Stres Bagi Ibu Rumah TanggaMainan berantakan, cucian kotor menumpuk, jemuran yang belum diangkat, jadwal memasak, jadwal menjemput anak dan segudang kegiatan seorang ibu rumah tangga terkadang membawa seorang wanita ke tingkat jenuh atau stres.

Stres seperti ini terutama ditemukan pada wanita yang dulunya berkarir dan beralih sebagai ibu rumah tangga full-time.

Rasanya Anda ingin sekali agar kesibukan tersebut berakhir sehingga Anda bisa menikmati waktu untuk memanjakan diri Anda sendiri.

Bagi Anda yang seorang ibu rumah tangga dan sedang mengalami stres dalam mengurus urusan keluarga, inilah 7 tips menghilangkan stres bagi ibu rumah tangga:

1. Memasak Sesuatu yang Beda dan Istimewa

Memasak sesuatu yang menarik dan belum pernah Anda coba sebelumnya mampu mennghilangkan stres dari pikiran Anda. Mulailah mencari resep masakan atau dessert yang paling Anda sukai dan mulailah berkreasi di dapur.

Bila Anda memerlukan bantuan, ajaklah si kecil menemani Anda. Berikan kejutan pada suami dan anak Anda. Percayalah bahwa menu makanan baru saat makan malam akan menciptakan suasana berbeda yang spesial.

READ:  Tips Merawat Rambut Kering dan Mengembang

2. Dongeng sebelum Tidur

Seringkali kegiatan anak yang banyak dihabiskan untuk sekolah dan bermain hanya menyisakan sedikit waktu bagi Anda dan si buah hati. Anda dapat menghilangkan stres akibat kelelahan dengan menceritakan dongeng pada anak Anda sebelum tidur.

Bahkan mungkin Anda sesekali akan terlelap di samping anak Anda. Melihat anak Anda tertidur dengan pulas mampu membuat tidur Anda lebih mudah.

3.  Mengobrol

Kehidupan sosial memiliki pengaruh yang sangat besar bagi beberapa orang, termasuk ibu rumah tangga. Meskipun seorang ibu rumah tangga sudah memilih untuk mengabdikan hidupnya mengurus keluarga, mereka juga makhluk sosial yang kadang kala merasa kesepian saat ditinggal suami bekerja dan anak-anak bersekolah.

Dan ternyata mengobrol merupakan hasrat setiap wanita dan bisa membuat mereka merasa lebih baik. Mengobrol atau bercerita dapat dilakukan dengan sahabat maupun tetangga.

4. Tidur Siang

Hampir semua ibu rumah tangga kehilangan kesempatan mereka untuk tidur siang. Bila Anda merasa stres menjalani rutinitas di dalam rumah yang itu-itu saja, cobalah sejenak untuk ikut tidur siang (bila keadaannya mendukung). Lupakan tumpukan pakaian kotor atau yang lainnya. Setelah Anda terbangun, maka Anda akan merasa jauh lebih tenang dari sebelumnya.

READ:  6 Cara Simpel Menghindari Stres dan Depresi Berkepanjangan

5.  Berbelanja

Setiap wanita suka berbelanja. Bila Anda bosan di rumah, pergilah berbelanja sendirian atau ajak si kecil bersama Anda. Berbelanja tidak berarti Anda harus menghabiskan banyak uang dan membeli banyak benda. Mencuci mata dan melihat barang-barang sudah cukup untuk merefresh kembali pikiran seorang ibu rumah tangga. Terlebih lagi bila ada diskon, semua wanita pasti akan melupakan stres mereka.

6. Karaoke

Karaoke atau sekadar menyanyikan lagu favorit di rumah dapat menjadi obat penghilang stres bagi ibu rumah tangga. Dengan menyanyi, Anda akan menjadi lebih rileks dan stres Anda pun berkurang.

7. Melihat Foto dan Video Anak

Tahukah Anda bahwa sekesal apapun Anda dengan tingkah si buah hati, Anda pasti akan seketika tersenyum saat memandang wajah mereka yang polos dan lugu. Bila itu saja tak cukup, bukalah kembali album foto Anda dan ingatlah kembali masa-masa dimana Anda sangat bahagia atas kedatangan malaikat kecil Anda.

**

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda adalah ibu rumah tangga yang juga pernah mengalami stres atau kejenuhan dalam mengurus keluarga Anda? Apa tips Anda dalam mengatasi rasa jenuh tersebut? Semoga tips di atas bermanfaat ya. Selamat mencoba.

READ:  Ini Dia, 3 Resep Kulit Cantik dengan Jeruk Nipis

(foto: 123rf.com)