10 Sumber Protein Terbaik bagi Vegetarian

Loading...

 Sumber Protein bagi VegetarianMenjadi vegetarian adalah pilihan bagi sebagian orang. Hanya saja keputusan untuk menjadi vegetarian harus diimbangi dengan tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh.

Seringkali yang dipermasalahkan oleh vegetarian adalah soal asupan protein.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena protein biasanya didapat dari sumber hewani seperti daging dan telur. Padahal protein sangat penting bagi pertumbuhan dan metabolisme seseorang.

Bagi Anda yang vegetarian namun tetap ingin mendapat cukup asupan protein, cobalah 10 jenis makanan yang merupakan sumber protein terbaik bagi vegetarian ini!

1. Kacang Polong

Kacang polong adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Setiap satu gelas takar, kacang polong mengandung 7,9 gram protein atau setara dengan protein pada segelas susu. Umumnya seorang wanita memerlukan 46 gram protein setiap hari dan kacang polong merupakan salah satu solusi terbaik bagi vegetarian.

2. Selai Kacang

Kacang jenis cashew, almond dan pistachios selain mengandung kalori yang tinggi juga mengandung protein yang tinggi. Kacang-kacangan seperti itu mengandung 160 gram kalori dan 6 gram protein. Oleh sebab itu, Anda dapat mengoleskan selai kacang pada selembar roti untuk sarapan Anda untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

READ:  8 Fakta Menarik Tentang Diet Vegan

3.  Tahu dan Tempe

Semua produk olahan kedelai biasanya memiliki kadar protein yang tinggi termasuk tahu dan tempe. Menu makanan tersebut juga sangat disukai karena memberikan tekstur yang lembut (tahu) dan tekstur padat seperti daging (tempe).

Oleh sebab itu, bahkan di negara seperti Amerika Serikat, pamor tahu dan tempe kian meningkat. Selain karena teksturnya, tempe dan tahu disukai karena rasanya yang enak.

4.  Edamame

Dalam satu gelas takar edamame terkandung 8,4 gram protein. Edamame adalah salah satu sayuran penyumbang protein terbesar. Edamame dapat dijadikan camilan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Cukup rebus edamame dan taburkan sedikit garam pada edamame Anda. Edamame siap menjadi camilan Anda yang kaya akan protein.

5. Kuaci

Jangan remehkan makanan yang berasal dari biji bunga matahari ini. Meskipun berukuran kecil, kuaci mengandung 7,3 gram protein per seperempat gelas takar. Meskipun tidak akan mengenyangkan dan tidak membuat gemuk, ternyata kuaci merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

READ:  Bahaya Prehipertensi

6. Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan susu sapi. Susu sapi lebih banyak mengandung kalori (terlebih lagi bila mengandung rasa dan gula tambahan). Dalam segelas susu kedelai, terdapat 4 sampai 8 gram protein yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, di dalam susu kedelai juga terdapat zat isoflavon yang dapat menangkal radikal bebas dan penuaan dini.

7. Kakao

Kakao atau cokelat asli (yang belum ditambahi pemanis atau gula) mengandung 1 gram protein setiap satu sendok makan. Meskipun rasanya pahit, kakao dapat Anda dapat tambahkan pada campuran sereal dan madu.

**

Jadi bila Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, jangan khawatir. Anda tetap dapat terus sehat dan bugar dengan mendapatkan asupan protein yang cukup dari ke-tujuh makanan di atas. Imbangi konsumsi makanan bergizi dengan olahraga dan pola tidur yang teratur. Selamat mencoba.

(foto: care2.com)