Rahasia Kesehatan dibalik Sayuran Kubis

Loading...

Manfaat Sayuran KubisBanyak pendapat yang menyebutkan sayuran renyah yang dikenal sebagai kol ini mengandung gas yang membuat perut kembung. Itu terjadi jika kubis disantap dalam keadaan matang.

Jadi, kubis lebih baik bagi lambung jika dimakan dalam keadaan mentah. Sayuran renyah ini memiliki manfaat kesehatan yang cukup mengejutkan.

Mengurangi Pembengkakan Payudara Wanita

Pertama, kubis dapat mengurangi pembengkakan pada payudara wanita yang dalam masa menyusui. Daun kubis nampaknya efektif berperan sebagai gel dingin yang mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Ekstrak daun kubis juga bisa digunakan sebagai krim. Para wanita mengatakan itu cukup membantu. Anda juga dapat mengaplikasikan daun kubis pada payudara Anda secara langsung.

Ambil satu lembar kubis, cuci bersih dan buat lubang di tengah untuk tempat keluarnya puting payudara. Dinginkan daun tersebut dengan cara dimasukkan ke kulkas. Setelah dingin, gunakan kubis di dalam bra atau sebagai kompres payudara dengan handuk di atasnya. Diamkan hingga suhu kubis sama dengan suhu tubuh, kira-kira sekitar 25 menit. Lakukan prosedur ini  1-4 kali sehari selama satu sampai dua hari.

READ:  7 Petunjuk Penggunaan Concealer dengan Benar

Kaya Antioksidan dan Vitamin C

Kedua, kubis adalah makanan rendah kalori yang kaya akan polifenol sebagai antioksidan dan vitamin C sehingga anti kanker.

Ia juga kaya akan vitamin K yang penting untuk pembekuan darah.  Kubis memiliki sifat anti inflamasi (melawan peradangan) dan sangat mudah ditambahkan di dalam makanan.

Mengobati Maag dan Gangguan Sistem Pencernaan

Ketiga, kubis digunakan untuk mengobati sakit maag dan masalah ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan lainnya. Kubis efektif untuk mengatasi sakit perut, usus bisul, asam lambung berlebih dan sindrom Roemheld.

Kubis juga bisa digunakan untuk melawan asam dan morning sickness. Khasiat lainnya adalah mencegah kerapuhan tulang, osteoporosis, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker lambung, kanker usus besar serta jenis kakner lainnya.

Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Keempat, kubis adalah sayuran yang berasal dari keluarga Brassica yang mengandung glukosinolat. Bahan kimia ini mampu menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker, meningkatkan pertumbuhan sel untuk memperbaiki DNA.

Kubis dapat mengubah kadar estrogen di dalam tubuh menjadi lebih rendah sehingga mengurangi resiko kanker payudara.

READ:  Mengenal Quercetin dan Manfaatnya

Kaya akan Vitamin dan Mineral

Satu cangkir kubis cincang setara dengan 33 kalori, memenuhi 90 % vitamin K, 51 % vitamin C dan sekitar 15 % harian yang dibutuhkan tubuh. Juga merupakan sumber mangan, vitamin B6 atau piridoksin, folat, asam lemak omega 3, vitamin B1 atau thiamin, riboflavin atau vitamin B2, kalsium, kalium, vitamin A, triptofan, protein dan magnesium 4 gram.

(Foto: idiva.com)