Ilalang, Tumbuhan Liar yang Kaya Manfaat

Loading...

Manfaat Ilalang Bagi KesehatanIlalang atau yang sering kita sebut alang-alang  ini merupakan sebuah tanaman yang tak asing lagi keberadaanya di sekitar kita. Tanaman yang namanya latinnya Impera cylindrical memiliki banyak kandungan dan manfaat yang beragam untuk tubuh kita.

Meskipun ilalang sering dianggap sebagai tanaman gulma yang selalu dimusnahkan karena keberadaannya mengganggu tanaman lain, ilalang biasanya tumbuh di tanah atau lahan-lahan kosong di sekitar kita.

Kita selama ini hanya menggunakan ilalang sebagai makanan ternak, dijadikan sebagai atap dapur atau atap kandang ternak, tapi apakah sejatinya anda tahu kandungan dan manfaat yang luar biasa di dalam tumbuhan ilalang ini?

Para peneliti telah menemukan kandungan kimia aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan di dalam tumbuhan ilalang itu, seperti manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, anindom. Kandungan zat ini memang sangat ampuh mengobati berbagai penyakit serta dapat bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan kita.

Biasanya yang sering digunakan dan memang banyak mengandung zat yang bermanfaat pada ilalang terdapat pada bagian akar ilalang tersebut.

READ:  9 Cara Efektif Mengatasi Mulut Kering

Dan berikut ini mengenai 4 manfaat ilalang bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui:

1. Mengandung imperanene

Kandungan imperanene yang terdapat di bagian rimpang ilalang ini ternyata bisa kita manfaatkan sebagai pencegah pembekuan darah pada penderita infark jantung. Kandungan zat ini dapat menghambat agregasi trombosit atau pembekuan sel darah.

2. Mengandung Cylindol A

Kandungan yang terdapat pada ilalang yang selanjutnya adalah Cylindol A. Ternyata kandungan ini mempunyai manfaat yang juga sangat besar, karena kandungan ini mampu menghambat enzim 5-lipoksigenase pada tubuh. Efek dari penghambat enzim 5-lipoksigenase yakni ketika kita merasakan rasa sakit pada bagian otot tubuh.

Ilalang dengan kandungan Cylindol A mampu menghambat rasa sakit yang terdapat pada bagian otot serta mampu menghambat kontraksi pembuluh darah sehingga dengan zat yang terkandung pada ilalang ini akan memperlancar sirkulasi darah pada tubuh kita.

3. Mengandung Graminone B

Kandungan ini ternyata memiliki efek sebagai penghambat penyempitan pembuluh darah aorta atau pembuluh darah besar, dan dengan efek tersebut kandungan Graminone B pada ilalang mampu menurunkan tekanan darah dan sangat cocok bagi mereka yang mengalami hipertensi.

4. Memiliki sifat anti piretik, piretikhemostatik, diuretic

Berarti dengan memiliki sifat sebagai anti piretik, ilalang dapat digunakan sebagai obat penurun panas pada tubuh. Selain itu, dengan kandungan anti piretikhemostatik tumbuhan ilalang bisa juga digunakan untuk menghentikan pendarahan dan dapat juga digunakan sebagai peghilang haus.

Sedang pada kandungan diuretik yang terdapat di dalam ilalang bisa juga digunakan sebagai peluruh kemih dan masuk ke dalam meridian paru-paru, lambung juga usus kecil.

**

Sudah jelas kan, ternyata tumbuhan yang sering dianggap sebagai tumbuhan perusak ternyata memiliki kandungan yang sangat luar bisa untuk tubuh dan kesehatan kita.

Pada dasarnya Tuhan menciptakan semua jenis tanaman dan tumbuhan di dunia ini masing-masing memiliki kelebihan dan khasiat yang bisa kita gunakan baik untuk kesehatan maupun untuk hal-hal bermanfaat lainnya.

(foto: handika10.deviantart.com)