6 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Loading...

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam UratAsam urat adalah jenis arthritis yang dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh yang berbeda seperti kuping, sendi kecil di tangan, pergelangan kaki, lutut, atau pergelangan tangan.

Bila menderita asam urat, seseorang dapat memiliki gejala seperti nyeri akut pada sendi, bengkak, nyeri yang intens serta peradangan.

Beberapa penyebab lain yang mungkin menjadi penyebab asam urat adalah faktor keturunan, konsumsi alkohol yang berlebihan, kurangnya latihan fisik, asupan protein yang berlebihan, dan terlalu banyak stres.

Sama halnya dengan jenis masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes, dan batu ginjal, asam urat harus diatasi dengan pengobatan yang tepat.

Untuk menghadapi kondisi kesehatan seperti ini, ada beberapa cara pengobatan mudah dan alami untuk menyembuhkan dan memberikan bantuan dari gejala tersebut, seperti dilansir dari top10homeremedies.com berikut ini:

1. Baking Soda

Salah satu alasan kuat penyebab dari masalah kesehatan ini adalah terjadinya peningkatan asam urat di dalam tubuh. Anda dapat menurunkan asam urat dengan bantuan baking soda. Setelah kadar asam urat berkurang, nyeri pada sendi akan sedikit berkurang.

Campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air, kocok kemudian minum campuran tersebut. Ketika terjadi serangan akut, salah satu solusi terbaik adalah dengan melakukan pengobatan ini empat kali sehari dan tidak boleh lebih dari itu. Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

READ:  10 Manfaat Sehat Buah Mangga Segar

2. Jahe

Sifat inflamasi yang hadir dalam jahe dapat membantu banyak untuk memberikan bantuan dari rasa sakit akibat asam urat. Ada banyak cara untuk menggunakan jahe dalam pengobatan asam urat. Anda bisa menambahkan jahe pada masakan Anda atau mengkonsumsi sepotong kecil jahe setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan setengah sendok teh jahe kedalam satu cangkir air mendidih dan mencampurkannya dengan baik sebelum dikonsumsi. Anda dapat melakukan pengobatan ini setidaknya sekali dalam setiap hari untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit serta peradangan.

Cara lain untuk menggunakan jahe sebagai pengobatan adalah dengan membuat pasta dari jahe dengan bantuan sedikit air, kemudian terapkan pasta ini pada daerah yang terasa sakit atau nyeri. Hal ini juga akan membantu untuk mengurangi rasa sakit.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel yang digunakan dalam mengobati sakit kepala dan asam lambung juga dapat digunakan dalam pengobatan asam urat. Jika menderita masalah kesehatan ini, Anda bisa mencampurkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air dan minum sekali sehari.

READ:  7 Obat Asam Urat Alami Untuk Anda

Ikuti pengobatan ini setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan dua sendok makan cuka sari apel organik dengan dua sendok makan madu dan mengkonsumsinya dua kali dalam sehari, satu kali pada pagi hari dan satu kali sebelum tidur di malam hari.

4. Apel

Bila Anda memiliki masalah asam urat, Anda harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi setidaknya satu apel setiap hari. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi buah ini setelah makan. Kandungan asam malat dalam apel berkhasiat untuk membantu menetralkan asam urat yang hadir dalam tubuh dan akan menenangkan rasa sakit dan peradangan asam urat.

Jika Anda tidak suka makan buah apel, Anda dapat mencoba mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Selain apel, mengkonsumsi wortel mentah setiap hari juga merupakan ide baik untuk pengobatan asam urat.

5. Garam Epsom

Garam Epsom adalah bahan lain yang berguna untuk digunakan dalam pengobatan asam urat. Anda bisa merendamkan bagian tubuh yang terasa nyeri dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam epsom. Hal ini dapat membantu melemaskan otot-otot yang sakit dan menghilangkan rasa sakit.

Ketika akan mandi, masukkan dua cangkir garam epsom ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Setelah itu rendam tubuh Anda di dalamnya sampai air mulai terasa dingin. Cobalah untuk melakukan pengobatan ini sekali seminggu. Tingginya jumlah magnesium yang hadir dalam garam epsom juga mampu meningkatkan kondisi jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi.

READ:  6 Pengobatan Efektif Mengatasi Asam Urat

6. Pisang

Pisang juga sangat efektif dalam mengobati asam urat. Tingginya kadar potassium yang terkandung dalam pisang akan membantu dalam mengkonversi kristal asam urat dalam bentuk cair yang akan kemudian memerah keluar dari tubuh ketika Anda buang air kecil. Pisang juga kaya akan vitamin C yang sangat efektif dalam mengelola pembengkakan serta rasa sakit pada sendi.

Mengonsumsi satu atau dua buah pisang dalam sehari sangat berpengaruh pada perbaikan kondisi Anda. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan campuran yogurt. Hal ini dapat menjauhkan Anda dari diare.