Kenali Kehebatan Vitamin E Lebih Dekat

Loading...

Manfaat Vitamin EVitamin diperlukan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bugar. Sumber vitamin umumnya berasal dari aneka ragam kacang, sayuran maupun buah-buahan.

Salah satu vitamin yang populer adalah vitamin E. Selama ini kita hanya mengetahui bahwa vitamin E bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Ternyata masih banyak lagi pengetahuan tentang vitamin E lainnya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Manfaat Vitamin E

  • Sebagai Anti oksidan

Vitamin E adalah sumber anti oksidan yang mencegah terjadinya kerusakan sel. Oleh sebab itu vitamin E banyak ditemukan dalam produk kecantikan, suplemen maupun kapsul diet. Anti oksidan baik bagi kesehatan karena mampu melawan radikal bebas dan membantu tubuh bertahan dari dampak buruk yang dihasilkan polusi dan pencemaran lainnya.

Oleh sebab itu vitamin E baik dikonsumsi oleh mereka yang merokok, mereka yang banyak berada di jalanan dan beresiko menghirup polusi udara.

  • Memanjangkan Umur Sel

Pernahkah Anda melihat karat pada bagian mobil atau motor Anda? Hal yang sama juga terjadi pada sel di dalam tubuh Anda. Penyebabnya adalah radikal bebas yang berasal dari pencemaran lingkungan, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan kanker. Vitamin E membantu melindungi sel di dalam tubuh Anda dari terjadinya penghancuran yang lebih cepat.

  • Menjaga Kesuburan Wanita
READ:  Vitamin E Dapat Menyokong Jantung Bekas Perokok

Vitamin E mampu menjaga dan melindungi hormon endokrin pada wanita yang membuat wanita lebih subur. Tidak hanya membuatnya lebih subur dan lebih mudah hamil, vitamin E juga dapat mencegah terjadinya keguguran janin.

  • Seksualitas Pria

Menurut situs livestrong.com, pria yang mengonsumsi vitamin E secara rutin mampu menghasilkan sperma yang lebih berkualitas. Tidak hanya dari sisi kualitas sperma, tetapi juga berdampak langsung pada gairah seksualitas pria yang meningkat.

Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin E

Kemungkinan terjadinya overdosis vitamin E melalui konsumsi makanan dan buah sangat kecil. Tetapi kemungkinan terjadinya overdosis vitamin E akibat konsumsi berlebih suplemen dapat terjadi dan beresiko fatal.

Salah satu resiko yang dapat timbul bila Anda terlalu banyak dan sering mengonsumsi vitamin E adalah  pendarahan, terutama pendarahan pada otak. Dosis suplemen vitamin E yang disarankan adalah 1000 IU sementara asupan melalui makanan yang mengandung vitamin E bagi usia 14 tahun ke atas adalah 15 mg per hari.

Baca Labelnya

Ada dua jenis vitamin E yang dijual dalam bentuk suplemen yaitu: vitamin E alami dan vitamin E sintetis. Vitamin E alami lebih aktif dalam tubuh dan dosis yang disarankan adalah 22.4 IU sementara untuk vitamin E sintetis dosisnya 33.3 IU.

READ:  5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Suntikan Kolagen  

Sumber Vitamin E

Ada beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin E yaitu: biji bunga matahari, hazelnut, kacang, almond, bayam, brokoli, mangga, kiwi dan tomat. Makanan tersebut mampu memberikan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga Anda tidak lagi perlu mengonsumsi suplemen.

Jika Anda Kekurangan Vitamin E

Ada beragam masalah yang dapat terjadi bila Anda kekurangan vitamin E, antara lain: gangguan sistem reproduksi dan masalah infertilitas, menurunnya fungsi sel darah merah, gangguan penglihatan seperti katarak, gangguan neurologis, kelainan fungsi otak, otot dan sumsum tulang belakang serta kelainan kulit.

(foto: webmd.com)