4 Jurus Jitu agar Bayi Tidur Nyenyak

Loading...

agar Bayi Tidur NyenyakMemiliki bayi adalah saat-saat paling dinanti oleh setiap pasangan suami istri. Setelah menanti kehadirannya selama 9 bulan di dalam kandungan, akhirnya Anda memiliki kesempatan untuk menjadi orang tua terbaik di seluruh dunia bagi sang buah hati.

Salah satu pengorbanan yang biasa dialami oleh pasangan orang tua yang memiliki bayi adalah ketika malam tiba, dan bayi Anda tak kunjung tertidur.

Nah, jurus jitu untuk menyudahi hal tersebut, berikut ini beberapa tips agar bayi tidur nyenyak.

Perasaan Tenang

Pada dasarnya, siang atau malam, tetap memiliki resiko bayi menjadi rewel. Tips bayi tidur nyenyak pertama adalah memberi ketenangan pada bayi di siang hari. Karena, jika pada siang hari bayi mampu merasa tenang, maka di malam hari pun, perasaan tenang itu akan tetap menyertainya, sehingga tidak lagi rewel.

Cara untuk menanamkan ketenangan pada bayi adalah dengan sering mengajaknya bermain di siang hari. Mulai dari menggendong, interaksi verbal, hingga bermain dengan mainannya.

Suasana Nyaman

Tips bayi tidur nyenyak berikutnya adalah mengetahui hal-hal yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Mungkin saja, di malam hari, bayi merasa terganggu karena bahan pakaiannya tidak sesuai dengan kenyamanannya. Untuk itu, gunakan pakaian bayi berbahan katun yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menjaga kenyamanan si buah hati saat tertidur di malam hari.

READ:  Mengenal dan Mengatasi Baby Blues Syndrome

Di siang hari, ciptakanlah suasana yang aman, nyaman, serta menyenangkan bagi si bayi. Usahakan, jauh dari keributan agar bayi tidak merasa stres. Baiknya, putarkan musik klasik di kamarnya, karena selain membuat atmosfir yang santai, tetapi music klasik juga diyakini dapat membantu pertumbuhan sel otak. Dengan adanya suasana yang demikian, maka bayi akan memiliki jam tidur yang lebih panjang di malam hari.

Menidurkan Kembali

Tips bayi tidur nyenyak selanjutnya adalah segera menidurkannya ketika terbangun. Sebagai orang tua, Anda tentu sangat mengetahui berbagai tanda-tanda bayi Anda akan terbangun.

Usahakan, sebelum terbangun, Anda sudah ada di sisinya, untuk memberikan belaian hangat, yang dapat membuatnya kembali ke alam tidur nyenyak.

Kenali Gejala Awal Penyakit

Mengetahui gejala awal penyakit pada bayi, menjadi tips bayi tidur nyenyak berikutnya. Saat menderita flu atau batuk, tidur rasanya sangat sulit dilakukan oleh bayi. Cairan dan lendir yang menyumbat hidungnya pun, membuatnya semakin sulit untuk tertidur karena sulit bernafas.

Untuk menyiasati bayi sulit tidur karena flu adalah, memposisikan kepala bayi yang lebih tinggi dibandingkan posisi kaki. Oleskan juga balsam khusus bayi, agar membantu memberi kehangatan dan melegakan sumbatan di dhidungnya.

READ:  Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Proses Melahirkan

**

Dengan mengetahui tips bayi supaya tidur nyenyak berarti Anda telah memberi bayi Anda kebutuhan tidur yang sangat berguna untuk pertumbuhan fisik, mental, serta tumbuh kembang sel otak yang berhubungan dengan kecerdasan.

(foto: smh.com.au)