Pentingnya Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Loading...

Susu Kedelai untuk Ibu HamilKacang-kacangan, dikenal luas memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang kaya. Seperti halnya dengan kacang kedelai, yang sering dijadikan bahan makanan seperti tahu, tempe, dan oncom.

Nah, kacang kedelai juga ternyata memiliki manfaat besar bagi ibu hamil. Salah satu produk kedelai yang populer adalah susu kedelai untuk ibu hamil.

Sebelum mengetahui lebih jauh manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, sebaiknya Anda ketahui dulu waktu yang tepat untuk meminumnya.

Karena, jika usia kandungan baru memasuki 3 bulan pertama maka meminum susu kedelai juga berdampak buruk. Karena, susu kedelai mengandung phytoestrogen yang justru bisa mengakibatkan keguguran.

Asam Folat

Nah, sekarang mari kita bahas manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Susu kedelai memiliki kandungan asam folat yang besar.

Kandungan ini memberi nutrisi lengkap bagi ibu hamil, dan membantu merangsang pertumbuhan sel saraf janin, sehingga anak akan terlahir dengan bekal kecerdasan optimal.

Protein

Protein pada susu kedelai untuk ibu hamil sangat bermanfaat. Protein sangat berguna untuk menjaga kesehatan organ di dalam tubuh ibu.

READ:  4 Langkah Sederhana Membuat Susu Kedelai Murni di Rumah

Selain itu, protein juga berguna untuk mengontrol tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Komponen protein yang ada di dalam susu kedelai, antara lain adalah lisin, glisin, isoleusin, treonin, dan lain sebagainya.

Lemak Nabati

Lemak nabati yang cukup kaya, juga menjadi manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Lemak nabati yang berasal dari tetumbuhan, mampu membantu kadar kolesterol tetap berada pada titik normal.

Manfaat lainnya dari lemak nabati adalah sebagai agen pengontrol pertumbuhan sel-sel janin. Dengan demikian, mengurangi kemungkinan bayi terlahir dengan kecacatan fisik.

Vitamin A

Susu kedelai untuk ibu hamil juga berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil. Di antaranya adalah vitamin A, yang mengandung karoten yang berguna untuk pertumbuhan indera penglihatan dan pertumbuhan tulang.

Vitamin B

Kemudian, vitamin B alias thiamine, yang menjadi sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas.

Vitamin E

Ada lagi vitamin di dalam susu kedelai, yaitu vitamin E. Gunanya adalah untuk mencegah keguguran, meningkatkan kesuburan, menambah intensitas produksi air susu, menjadi sumber anti oksidan, dan tentu saja mengurangi resiko sakit jantung.

READ:  7 Keunggulan dan Manfaat Susu Kedelai Bubuk

Isoflavon

Kelancaran metabolisme juga bisa diperbaiki dengan meminum susu kedelai untuk ibu hamil. Ya, karena susu kedelai mengandung isoflavon, yang juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, jaringan kompleks tulang, serta meningkatkan fungsi kognitif pada otak janin.

Serat

Satu lagi yang tak kalah penting adalah fiber, yang juga dikenal dengan sebutan serat. Sistem pencernaan akan semakin lancar dengan rajin meminum susu kedelai untuk ibu hamil.

Dengan meminumnya setiap hari, maka gejala konstipasi yang sering dialami ibu hamil, dapat dikurangi. Karena, pencernaan yang tidak sehat, tentu saja dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin yang sedang dikandung.