Mari Kenali Gejala Alergi Dingin dan Cara Meringankannya

Loading...

Gejala Alergi DinginSetiap manusia terlahir dengan kondisi mental dan kekuatan fisik yang berbeda.

Ada yang kuat dan kebal terhadap serangan bermacam penyakit, namun ada juga mereka yang cukup rapuh, sehingga dengan mudah terserang penyakit, atau alergi.

Khusus untuk alergi dingin, ternyata ada beberapa gejala alergi dingin yang bisa dengan mudah dikenali.

Alergi dingin terjadi karena adanya histamine yang dilepaskan dengan jumlah banyak, yang menyerang kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak lender atau cairan, yang seringnya mengganggu organ-organ pernapasan.

Gejala yang biasanya dirasakan pada sistem pernapasan adalah asma. Namun, gejala alergi dingin juga dapat terlihat pada kulit yang biasanya tidak tertutup oleh pakaian.

Gejala Alergi Dingin

Gejala alergi dingin yang paling umum adalah, urticaria. Gejala awal adalah munculnya bercak-bercak merah di sekujur tubuh. Biasanya, bercak ini disertai dengan rasa gatal yang mengganggu.

Untuk menghindarinya, lindungi setiap senti permukaan kulit Anda, dengan menggunakan jaket atau pakaian berlengan panjang. Minum juga antihistamin, selama berada di ruangan atau daerah yang sangat dingin.

READ:  4 Suplemen Untuk Tidur Lebih Baik

Gejala alergi dingin berikutnya adalah terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Ini adalah tanda yang sedikit lebih serius.

Kondisi ini disebut dengan cold induced angiodema, disertai dengan penurunan tekanan darah yang memungkinkan penderitanya akan jatuh pingsan, bahkan meninggal.

Itulah sebabnya, tindakan dokter harus dilakukan dengan segera saat mengalami gejala alergi dingin yang disertai pembengkakan.

Meringankan Gejala Alergi Dingin

Untuk meringankan gejala alergi dingin yang mendera, ada baiknya untuk selalu menyediakan bedak dingin. Taburkan pada bagian yang terasa gatal akibat cuaca dingin.

Selain itu, disebutkan di atas untuk meminum obat antihistamin saat gejala mulai muncul. Tetapi, jika alerginya mulai memasuki fase kritis dan lebih serius, maka obat-obatan golongan steroid yang harus dikonsumsi untuk meringankan derita akibat alergi dingin.

Kemudian, hindari mandi dengan menggunakan air dingin. Karena, kulit akan sensitif saat menerima air dengan suhu rendah. Oleh sebab itu, gunakanlah air hangat untuk keperluan mandi.

Ditambah lagi dengan mengonsumsi vitamin C. seperti kita ketahui, vitamin yang terkandung di dalam jeruk dan cabe ini, memiliki khasiat sebagai pemelihara kesehatan tubuh. Tak terkecuali, untuk meringankan gejala alergi dingin.

READ:  4 Perbedaan Yoghurt dan Kefir

Membedakan Gejala Alergi Dingin dan Flu

Seringkali, gejala alergi dingin dikaitkan dengan gejala flu biasa. Padahal, itu sangatlah berbeda. Anda harus benar-benar mengenali alergi dingin, karena dampaknya yang bisa fatal.

Cara mudah membedakannya adalah, jika gejala flu yang mirip dengan gejala alergi cuaca dingin, selalu disertai dengan demam. Sedangkan, gejala alergi dingin tidak pernah disertai dengan demam tinggi dan kepala pusing.

Gejala alergi dingin hampir bisa disamakan dengan hipotermia, dimana suhu tubuh akan menurun terus menerus. Semakin rendah suhu tubuh, maka semakin kritis kondisinya.

(foto: compete.com)