Buah Mentimun, Murah dan Kaya Manfaat

Loading...

manfaat mentimunMentimun adalah salah satu buah yang sering dijadikan pendamping makanan terutama saat makan lalapan, hal ini diakibatkan oleh kandungan air pada buah mentimun yang sangat tinggi sehingga memberikan efek menyejukkan.

Buah Mentimun dengan nama latin Cucumis sativus L ini dikabarkan berasal dari daerah India, namun saat ini populasinya sudah menyebar ke seluruh dunia bahkan termasuk di Indonesia. Tanaman ini biasanya hidup melata dan merambat di atas tanah.

Nah apa saja kandungan  di dalam buah mentimun dan apa saja manfaat mentimun bagi kesehatan manusia?

1.  Mengatasi masalah pencernaan

Bagi orang yang rajin mengonsumsi buah mentimun biasanya akan memiliki sIstem pencernaan yang relatiF lancAr. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi di dalam mentimun yang berperan di dalam proses pencernaan makanan sekaligus mengobati beberapa penakit kronis pada lambung seperti maag, tukak lambung dan mengurangi racun di dalam system pencernaan.

2. Menjaga tekanan darah

Orang tua dahulu ketika mengalami tekanan darah tinggi biasanya langsung mengonsumsi buah mentimun untuk menurunkan tekanan darahnya menjadi normal. Hal ini terbukti dengan adanya kandungan magnesium, potassium dan serat di dalam buah mentimun.

READ:  Manfaat Kesehatan dan Kecantikan Jus Mentimun

3. Mengobati diabetes

Diabetes adalah penyakit yang berbahaya dan sulit disembuhkan. Namun dengan rutin mengonsumsi buah mentimun ternyata dapat membantu meningkatkan sintesis insulin di dalam tubuh sehingga dapat membantu menormalkan kadar gula di dalam darah anda.

4. Memperlancar buang air kecil dan fungsi ginjal

Buah mentimun mengandung air dan mineral kalium yang berfungsi untuk memperlancar proses pengeluaran urin dari dalam tubuh, dan juga dapat digunakan untuk mengeluarkan asam urat dan kelebihan sisa metabolism di dalam tubuh melalui ginjal. Sehingga anda dapat terbebas dari penyakit radang sendi dan batu ginjal.

5. Anti kanker dan menurunkan kolesterol

Pada beberapa buah mentimun biasanya kita temukan ada buah mentimun yang memiliki rasa yang sedikit pahit, dan biasanya langsung saja kita buang karena rasanya tidak enak. Namun ternyata rasa pahit tersebut berasal dari senyawa fitokimia dari lendir mentimun. Senyawa ini bernama saponin dan berfungsi untuk anti kanker dan menurunkan kolesterol serta meningkatkan daya tahan tubuh.

READ:  Cara Meningkatkan Kemampuan Indra Penciuman Anda

6. Membantu menyuburkan rambut

Buah mentimun mengandung silica yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Sehingga anda yang rajin mengonsumsi makanan yang mengandung silica akan memiliki pertumbuhan rambut yang baik.

7. Merawat dan mengencangkan kulit

Sering kita melihat beberapa produk perawatan kulit menggunakan buah mentimun sebagai bahan bakunya. Hal ini disebabkan oleh buah mentimum mengandung vitamin A, B dan C yang berguna untuk mengencangkan kulit kita.

Bila anda mengalami pembengkakan terutama pada bagian bawah mata, maka anda dapat menggunakan potongan buah mentimun sebagai kompres sebab buah mentimun dapat memberikan efek dingin dan dapat menurunkan tingkat retensi air untuk mempercepat proses penyembuhan.

8.  Merawat kuku

Ingin memiliki kuku yang sehat? Perbanyaklah konsumsi buah mentimun, sebab kandungan silika di dalamnya selain untuk menyuburkan rambut juga dapat mencegah kerusakan pada bagaian kuku jari dan tangan.

9. Mengobati sakit gigi dan gusi

Mengonsumsi buah mentimun mentah atau bentuk jus dapat membantu meningkatkan produksi air liru di dalam rongga mulut sehingga dapat membantu menetralkan asal dan basa di dalam mulut.

READ:  Makanan Kaya Kalsium untuk Wanita Menopause

10. Memperkuat tulang

Di dalam 100 gram mentimun ternyata terdapat sekitar 17 mg vitamin K. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kekuatan tulang dan pembentukan massa tulang

Itulah banyak manfaat yang terkandung di dalam buah mentimun, anda dapat mengonsumsi buah mentimun secara langsung atau dengan membuat jus juga tetap akan memberikan manfaat yang sama. Selamat mencoba.

(foto : obathipertensi.web.id)