Semua Tentang Sakit Kepala yang Perlu Anda Ketahui

Loading...

Sakit KepalaSering mengalami sakit kepala? Jika iya, pasti banyak sekali aktivitas Anda yang terganggu akibat penyakit yang satu ini. Sakit kepala dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Mau tau lebih dalam tentang sakit kepala? Yuk kita bahas bersama!

Jenis Sakit Kepala

Ada tiga jenis sakit kepala yang dapat terjadi pada Anda, yaitu:

  • Sakit Kepala Tension

Sakit kepala tension adalah rasa sakit yang muncul pada kepala Anda yang terjadi akibat tegangan berlebih pada sendi leher dan daerah sekitar kepala Anda. Sakit kepala tension sangat sering terjadi dan umum di rasakan pada mereka yang berada pada usia produktif (umumnya menyerang wanita diatas usia 20 tahun).

Jenis sakit kepala tension bisa timbul akibat sikap duduk dan sikap tidur yang salah serta stres. Sakit kepala tension biasanya muncul dalam beberapa saat lalu hilang sementara dan kemudian muncul kembali secara berulang.

  • Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster muncul dengan kadar yang lebih menyakitkan dibanding sakit kepala tension. Sakit kepala cluster muncul dengan rasa terbakar, perih dan tak tertahankan pada satu titik di dalam kepala, biasanya terletak di bagian belakang kepala atau belakang mata.

READ:  Daftar Makanan Super Pendorong Kekebalan Tubuh

Jika sudah dalam tahap yang parah, sakit kepala cluster dapat muncul setiap hari selama 6 bulan. Pria lebih banyak mengalami sakit kepala jenis cluster dibandingkan wanita.

  • Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang dianggap paling parah. Penderita sakit kepala migrain akan merasakan sakit tak tertahankan pada sebagian wilayah kepala mereka (migrain berasal dari bahasa yunani yang berarti separuh kepala). Migrain merupakan penyakit syaraf akibat adanya gangguan pada aktivitas sel saraf dan gangguan bahan kimia ke otak.

Sisi Berbahaya dari Sakit Kepala

Sakit kepala pada umumnya bukanlah penyakit yang mengancam jiwa seseorang. Tetapi pergilah ke dokter dan dapatkan bantuan medis apabila Anda merasakan sakit kepala yang disertai demam, mual, muntah, mati rasa, penglihatan kabur dan kejang.

Selain itu, Anda perlu mendapat penanganan darurat secepatnya bila mengalami sakit kepala yang disertai serangan sesak nafas, rasa tercekik pada tenggorokan dan tekanan yang menyakitkan pada bola mata Anda.

Pemeriksaan Sakit Kepala

Sakit kepala yang Anda rasakan bisa jadi merupakan awal dari penyakit lainnya yang lebih serius. Tentu saja untuk mengidentifikasi penyakit apa yang sebenarnya bersarang di tubuh Anda tidaklah mudah. Anda perlu melakukan serangkaian tes untuk mendapatkan kepastian. Tes tersebut adalah:

  • Tes Complete Blood Count untuk mengetahui tingkat infeksi
  • Tes Sinusitis dengan sinar X
  • Computed Tomography Scan
  • Magnetic Resonance Imaging (Pemeriksaan ini perlu terutama bila Anda memiliki riwayat mengalami trauma kepala, stroke atau penyumbatan pembuluh darah otak)
READ:  6 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Obat untuk Sakit Kepala

Untuk sakit kepala jenis tension dan cluster obat-obatan seperti aspirin, acetaminophene dan ibuprofen dapat membantu Anda meredakan rasa sakit. Selain itu, tindakan positif seperti olahraga, bangun pagi dan istirahat yang cukup dapat membantu meringankan sakit kepala Anda.

Sementara untuk migrain, obat yang sering digunakan adalah sumatriptan yang bermanfaat meredakan peradangan. Tetapi bila Anda merasakan gejala sakit kepala berkepanjangan dan tak kunjung sembuh dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di apotek maupun pasaran, segera temui dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Sayangilah kesehatan Anda.