Ingin Wajah Anda Bebas Kilap? Lakukan Perawatan Berikut Ini

Loading...

perawatan wajah berminyakAda yang mengatakan bahwa orang yang memiliki kulit berminyak lebih awet dibanding yang lain. Hal ini memang benar adanya karena minyak yang dihasilkan kulit bisa membantu meminimalkan timbulnya kerutan.

Namun bukan berarti kulit berminyak bebas dari masalah. Jerawat, kulit mengkilap, dan kusam merupakan hal-hal yang biasa dialami pemilik kulit berminyak.

Minyak pada wajah dihasilkan oleh kelenjar hormon yang ada di bawah kulit sehingga tidak mungkin bisa 100% menghilangkan minyak pada wajah. Sehingga hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengontrol kulit berminyak dengan perawatan yang tepat.

Nah, bagi anda yang ingin mengatasi kulit berminyak terutama di bagian wajah, berikut tips mudah perawatan kulit wajah berminyak yang bisa anda ikuti.

1. Bersihkan wajah secara teratur

Ini merupakan perawatan dasar yang harus dilakukan oleh semua orang jika ingin mendapatkan kulit bersih dan terawat.

Untuk kulit berminyak, jangan terlalu sering untuk membersihkan wajah, cukup dua sampai tiga kali sehari seperti ketika mandi dan sebelum tidur. Pembersih muka dengan salicyl acid akan membantu mengurangi kulit berminyak dan mencegah jerawat.

READ:  Tips Kecantikan Praktis yang Menghemat Waktu

2. Pilih pelembab muka berbahan ringan

Walaupun orang dengan kulit berminyak memiliki wajah yang cukup lembab bukan berarti dia tidak butuh mengoleskan pelembab di wajahnya. Memilih pelembab yang tepat merupakan kunci utama untuk mendapatkan make up yang segar dan tahan lama.

Pilihlah pelembab berbahan ringan dan non oily karena setelah beberapa jam setelah make up, wajah Anda akan mulai berminyak dan tentunya Anda tidak mau wajah Anda terlihat seperti sangat mengkilap bukan? Pastikan juga pelembab Anda memiliki kandungan tabir surya yang bisa mencegah bahaya sinar matahari yang berlebih.

3. Selalu sedia kertas minyak (paper oil)

Pelembab bertekstur ringan dan non oily sekalipun pasti masih bisa membuat kulit berminyak karena pengaruh hormone tubuh yang memicu kulit untuk memproduksi minyak. Pastikan Anda selalu menyediakan kertas minyak untuk mengurangi minyak di wajah.

Perhatikan juga cara menggunakan kertas minyak, hindari penggunaan dengan cara menekan-nekan di bagian wajah karena hal ini malah memicu produksi minyak berlebih. Sapukan kertas minyak dengan perlahan-lahan seperti ketika menggunakan bedak wajah.

READ:  Tips Perawatan Rambut Harian

4. Gunakan Masker Alami

Banyak bahan alami seperti lemon, madu, dan timun dipercaya bisa mengatasi kuli berminyak sekaligus membuat wajah lebih cerah. Salah satu jenis masker yang bisa Anda buat di rumah adalah perpaduan lemon dan madu.

Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan perasan juice lemon dengan madu lalu oleskan ke wajah, biarkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya seminggu satu kali, untuk mendapatkan wajah bebas kilap.

**

Nah, jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas maka dijamin muka Anda akan bebas kilap dan kadar minyak di wajah Anda akan terkontrol dengan baik. Selamat mencoba.

(foto: ellabb.com)