Kandungan dan Manfaat Jamur Keabadian, Ganoderma

Loading...

Ganoderma lucidumLingzhi adalah nama untuk dua jenis jamur Ganoderma lucidum dan Ganoderma tsugae.

Jamur liar ini tumbuh di daerah tropis dan daerah subtropis seperti Amerika Utara dan Selatan, Afrika, Eropa, dan Asia. Ganoderma biasanya tumbuh pada pohon sebagai parasit.

Jamur Ganoderma dalam bahasa Cina didefinisikan sebagai jamur keabadian dikarenakan memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Kandungan

Ganoderma lucidum ganoderat mengandung asam senyawa dan struktur kimia yang mirip dengan hormon steroid antara lain polisakarida, ergosterol, coumarin, mannitol, lakton, alkaloid, asam lemak tak jenuh serta berbagai vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya .

Tidak seperti bentuk jamur umumnya, jamur ini juga mengandung air sebanyak 90 % sedangkan untuk jamur yang segar mengandung atau menyimpan kadar air kurang lebih 75 %.

Manfaat

Jamur ini baik untuk dikonsumsi para penderita tumor karena memiliki sifat anti – tumor, imunomodulator, dan imunoterapeutik. Selain itu, jamur ini juga berkhasiat untuk menghambat terjadinya agregasi trombosit, menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah.

READ:  9 Cara Mencegah Asam Lambung Demi Menghindari Refluks

Sifat lain dari jamur ini adalah baik untuk dijadikan sebagai antioksidan, pereda rasa nyeri, saraf dan penguat ginjal.

Jamur ini telah digunakan untuk mencegah bronkitis dan berbagai perawatan kardiovaskular, dan juga dalam pengobatan trigliserida tinggi, hipertensi, hepatitis, alergi, dukungan kemoterapi, terapi dukungan HIV, kelelahan, dan mual akan ketinggian.

Efek Samping

Selain memiliki berjuta manfaat, ternyata jamur ini juga memiliki efek samping yang akan terjadi saat dikonsumsi hidung akan terasa kering, mulut dan tenggorokan, beberapa gangguan perut dan mimisan.

Namun efek samping ringan ini hanya terjadi pada beberapa orang yang mengkonsumsi jamur ini lebih dari jangka waktu 4 bulan.

Pengolahan

Jamur ini biasanya diolah secara tradisional dengan cara melakukan perendaman dalam air mendidih terlebih dahulu sebelum diolah.

Setelah itu, Lingzhi yang telah kering diiris tipis dan kemudian direndam dalam panci berisi air mendidih. Buat api dalam ukuran sedang, lalu tutup panci dan biarkan selama 2 jam. Hasil rebusan dari jamur tersebut akan terasa sangat pahit.

READ:  Apa itu Apert Syndrome?

**

Demikian beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai jamur keabadiaan ini, jamur Ganoderma. Mengkonsumsi jamur dalam jangka panjang akan memberikan beberapa dampak seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk Anda yang memiliki beberapa jenis penyakit, lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar jumlah atau porsi jamur yang harus dikonsumsi untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

(foto: ichn.iec.cat)