9 Manfaat PR Untuk Anak

Loading...

Dampingi anak ketika mengerjakan PRDampingi anak ketika mengerjakan PR

Pekerjaan Rumah atau PR sepertinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan anak yang masih bersekolah. Walaupun banyak penelitian yang mengatakan bahwa PR bermanfaat buruk bagi perkembangan anak, ada pula yang mengatakan bahwa PR mempunyai manfaat yang baik bagi anak.

Lalu apa sajakah manfaat baik PR bagi anak?

1. Anak Akan Memprioritaskan Sekolahnya

Sering mengerjakan PR yang diberikan oleh gurunya akan membuat anak memprioritaskan sekolahnya meskipun tergoda dengan bermain bersama teman-temannya ataupun game. Mereka akan belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap tugasnya walaupun terkadang terpaksa atau malas.

2. Belajar Mengatur Waktu

PR akan membuat anak belajar untuk mengatur waktu dengan baik. Mereka akan menggunakan waktunya seefisien mungkin agar tetap bisa bermain dengan teman-temannya dan akan mencari cara untuk menyelesaikan PR mereka dengan cepat.

3. Membangun Ininsiatif dan Rasa Tanggung Jawab

Mengerjakan PR akan membuat anak berininsiatif untuk belajar karena harus mencari jawaban. Ini juga akan membangun rasa tanggung jawab mereka karena harus mengerjakan PR.

READ:  5 Tips agar Buah Hati Tumbuh Sehat dan Cerdas

4. Me-Review Pelajaran

Mengerjakan PR berarti harus membuka kembali buku pelajaran. Ini akan membantu anak mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari di sekolah. Selain itu, PR juga membuat anak jadi lebih banyak membaca dan mencari tahu.

5. Memahami Pelajaran

Mengerjakan PR akan mencerminkan sejauh mana informasi yang mereka terima ketika belajar di sekolah.

6. Mengetahui Minat Anak

PR membantu siswa membangun minat pada subjek yang membuat mereka lebih baik di kelas. Selain itu, komentar positif guru berfungsi sebagai dorongan untuk proses belajar mereka. Anak-anak juga belajar untuk mengikuti instruksi yang datang di setiap tugas. Sebagai hasilnya, mereka mencoba untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang masalah yang membantu mereka mendapatkan yang lebih baik pada proses belajar.

7. Meningkatkan Keterampilan

PR membuat anak akan terbiasa dengan kegiatan sekolah. Dengan mengerjakan PR, anak-anak belajar untuk mengubah kesalahan mereka, meningkatkan keterampilan mereka, dan menerapkannya untuk manfaat yang lebih baik. Selain itu, akan membangun sikap pada siswa untuk mengeksplorasi dan belajar.

READ:  Bagaimana Cara Mengenalkan Bank Pada Anak?

8. Kontinuitas

PR sering digunakan oleh para guru untuk mengkonsolidasikan pelajaran di kelas dan mereka juga mempersiapkan siswa untuk siap untuk pelajaran berikutnya. Sehingga ada kontinuitas antara pelajaran. Melakukan pelajaran berulang-ulang di kelas dapat bermanfaat bagi anak-anak (yah … meskipun tidak selalu seperti itu).

9. Belajar Mengatasi Masalah

PR terkadang membantu anak untuk berlatih memecahkan masalah. Jika PR yang diberikan oleh guru mereka di sekolah mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, anak ‘dituntut’ untuk berusaha mencari jawaban atas persoalan tersebut. Ini akan membuat anak terbiasa memecahkan atau mengatasi masalah.

(photo: akamommagazine.com)