8 Cara Alami Mengurangi Sakit Tenggorokan

Loading...

Radang tenggorokanRadang tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah peradangan atau pembengkakan di faring yaitu di bagian belakang tenggorokan. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus, cuaca dingin, batuk atau flu. Penyebab lain sakit tenggorokan termasuk tonsilitis, gondok, sinusitis, campak, difteri, leukemia, merokok, berbicara keras dan berteriak.

Beberapa gejala yang paling umum dari sakit tenggorokan adalah iritasi pada tenggorokan, menggigil dan demam, nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening dan sulit menelan.

Meskipun sakit tenggorokan umumnya tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan masalah serius jika berkepanjangan. Sakit tenggorokan dapat diobati secara efektif di rumah, menggunakan cara alami.

Berikut kami uraikan beberapa cara alami mengurangi sakit pada tenggorokan.

  1. Campur 4 siung bawang putih, 1 sdm madu dan 1/8 sdt cabai. Kunyah lalu telan ramuan tersebut. Lakukan rutin.
  2. Rebus beberapa lembar daun basil dengan 1 liter air. Setelah mendidih, matikan kompor dan diamkan sebentar sampai suhunya agak dingin. Lalu minum ramuan ini sampai tenggorokan terasa lebih baik. Ramuan ini bisa juga digunakan sebagai obat kumur untuk sariawan.
  3. Campurkan air hangat dengan 1 sdm garam dapur beryodium. Aduk sampai rata. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur.
  4. Rebus setengah liter air sampai mendidih lalu tambahkan 1 atau 2 sdt bunga chamomile kering. Biarkan beberapa saat lalu saring. Air yang telah disaring diminum secara rutin sampai sakit tenggorokan yang Anda derita sembuh.
  5. Rebus segelas air yang telah dicampur dengan cengkih bubuk, sedikit merica bubuk dan 1 sdm madu. Minum ramuan ini secara rutin. Ramuan tersebut akan membantu meringankan sakit tenggorokan yang Anda derita.
  6. Rebus setengah liter air sampai mendidih lalu tambahkan 2 tangkai daun peterseli yang sudah dicincang kasar, 1 sdt bubuk mur dan 1/4 sdt bubuk goldenseal. Biarkan beberapa saat lalu matikan kompor. Tunggu sampai suhu air agak dingin. Gunakan untuk berkumur.
  7. Seduh madu dengan air panas lalu tuangkan beberapa iris bawang merah.  Diamkan beberapa saat lalu minum.
  8. Minumlah air hangat yang telah dicampur dengan beberapa sendok air perasan jeruk lemon.
READ:  Tenggorokan Anda Sakit? Kenali Dulu Apa Penyebabnya

(photo: geoduckunion.info)