Fakta Buruk dari Sikat Gigi

Loading...

Menyikat gigiMenyikat gigi

Apakah Anda tahu apa yang bersembunyi di sikat gigi Anda?

Sikat gigi Anda penuh dengan kuman, kata peneliti di University of Manchester, Inggris. Mereka telah menemukan bahwa satu sikat gigi dapat menjadi pelabuhan bagi lebih dari 100 juta bakteri, termasuk bakteri E. coli, yang dapat menyebabkan diare, dan bakteri staphylococci (Staph) yang menyebabkan infeksi kulit.

Tapi jangan panik. Mulut Anda tidak benar-benar steril sejak awal. Simak artikel berikut yang kami kutip dari webmd.com.

Seteguk Bakteri

“Intinya adalah, ada ratusan mikroorganisme dalam mulut kita setiap hari,” kata Gayle McCombs, RDH, MS, profesor dan direktur Dental Hygiene Research Center di Old Dominion University.

Itu bukan masalah besar. Masalah hanya dimulai ketika ada keseimbangan tidak sehat dari bakteri dalam mulut, kata McCombs.

“Sangat penting untuk diingat bahwa plak – hal yang Anda singkirkan dari gigi Anda – adalah bakteri,” kata dokter gigi Kimberly Harms, DDS, penasehat konsumen untuk American Dental Association. “Jadi, Anda menempatkan bakteri pada sikat gigi Anda setiap kali Anda menyikat gigi.”

READ:  3 Tips Sehat Dalam Menjalani Liburan

Dapatkah Sikat Gigi Anda Membuat Anda Sakit?

Mungkin tidak. Terlepas dari berapa banyak bakteri yang hidup di dalam mulut Anda, atau berada di sana melalui sikat gigi Anda, pertahanan alami tubuh Anda membuatnya sangat tidak mungkin menangkap infeksi hanya dari menyikat gigi Anda.

“Untungnya, tubuh manusia biasanya mampu mempertahankan diri dari bakteri,” kata Harms. “Jadi kita tidak mengetahui adanya bukti nyata bahwa menyimpan sikat gigi Anda pada toothbrush holder di kamar mandi dapat menyebabkan kerusakan nyata atau merugikan. Kita tidak tahu bahwa bakteri di sana yang mewujud ke infeksi.”

Namun, Anda harus mencari tahu tentang bagaimana menyimpan sikat gigi Anda, termasuk seberapa dekat ke toilet.

Jangan Menyikat Dimana Anda Menyiram

Sebagian besar kamar mandi berukuran kecil. Dan di banyak rumah, toilet cukup dekat dengan wastafel kamar mandi di mana Anda menyimpan sikat gigi Anda.

Setiap kali flush, toilet mengirimkan semprotan bakteri ke udara. Dan Anda tidak ingin toilet menyemprotkannya di dekat sikat gigi Anda yang terbuka.

READ:  Menonton TV Sambil Tiduran, Apa Risikonya?

“Anda tidak menyimpan piring dan gelas Anda di toilet, jadi mengapa Anda ingin menempatkan sikat gigi Anda di sana?” ujar McCombs. “Ini merupakan pikiran sehat untuk menyimpan sikat gigi sejauh mungkin dari toilet.”

Anda juga tidak mau makan setelah pergi ke kamar mandi tanpa terlebih dahulu mencuci tangan Anda. Saran yang sama berlaku sebelum menyikat gigi, McCombs menjelaskan.

(photo: sciencedaily.com)