5 Nutrisi Sehat yang Membuat Otak Anak Makin Cemerlang

Loading...

Nutrisi Sehat AnakSebelum berangkat sekolah, anak perlu energi yang cukup besar agar dapat memulai aktivitas dan dapat memiliki konsentrasi yang baik di sekolah. Energi ini didapatkan dari sarapan pagi, yang merupakan sumber bahan bakar terpenting bagi anak untuk beraktivitas.

Jadi sebaiknya ibu membantu si kecil untuk sarapan pagi lebih dulu sebelum pergi ke sekolah, karena sarapan pagi penting untuk aktivitas anak.

Untuk memastikan anak memiliki otak yang cemerlang di sekolah maupun dalam lingkungannya, Anda sebagai orang tua harus pandai – pandai mengatur nutrisi anak terutama pola makan mereka yang sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan otak.

Salah satu yang paling penting adalah berikan nutrisi yang tepat dalam pola makan mereka sehari – hari.

Berikut adalah 5 nutrisi sehat untuk terbentuknya otak yang sehat dan cemerlang terutama pada anak-anak:

1). Kenari

Di antara beragam makanan nabati, kenari merupakan jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 paling tinggi. Pada kenari juga terkandung beberapa jenis antioksidan. Nah omega 3 dan antioksidan ini dapat mengurangi peradangan pada otak dan sangat efektif sebagai perlindungan terhadap demensia dan alzheimer.

Oleh karenanya, pertimbangkanlah untuk menambahkan 1 sampai 1,5 ons kenari ke dalam menu harian anak Anda. Untuk hidangan penutup, berikan kue – kue lezat berbahan dasar dari kacang kenari. Atau siang hari setelah pulang dari sekolah, sediakan selalu kacang kenari goreng dalam stoples kecil untuk teman main mereka sebagai makanan cemilan sehat.

READ:  Manfaat Beeswax dan Efek Sampingnya

Manfaat kenari lainnya untuk kesehatan tubuh : menjaga jantung, membantu tidur, menurunkan berat badan, kontrol diabetes, pencegahan kanker, kaya vitamin E dan protein.

2). Ikan

Asam lemak omega 3 sangat penting untuk menjaga fungsi otak.  Omega 3 juga memiliki sifat anti inflamasi yang akan menjauhkan anak dari demensia dan bentuk penurunan fungsi otak terkait dengan bertambahnya usia anak. Nah salah satu sumber alami terbaik untuk asam lemak omega 3 adalah ikan salmon.

Manfaat lain ikan adalah mengurangi resiko stroke dan serangan jantung, rendah lemak, kaya protein, vitamin dan mineral, mengurangi kolesterol LDL, dimana lemak jenuh inilah yang memiliki peran paling aktif menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mengurangi peradangan dan sakit sendi.

Sedangkan manfaat minyak ikan untuk janin dan bayi menyusui adalah berguna untuk perkembangan otak bayi atau pun janin dalam kandungan, dan juga baik untuk nutrisi otak serta menjaga stamina otak sehat.

3). Kacang – kacangan

Kacang seringkali disebut makanan spesial sebab memiliki energi dari protein serta karbohidrat kompleks. Kacang juga kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral.

Kacang merupakan makanan yang baik untuk otak karena mampu mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak – anak. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang satu ini sebaiknya pada sore hari, karena pada jam – jam ini kemampuan tubuh mencapai puncaknya dalam menyerap zat – zat bergizi.

READ:  Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak lemak omega – 3 daripada jenis kacang lainnya. Khususnya ALA, merupakan jenis lemak omega – 3 dalam bentuk lain yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

4). Buah berry

Berry kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi stres pada otak. Buah berry, terutama blueberry, akan membantu mengatasi alzheimer dengan mengurangi stres oksidatif.

Penelitian yang dilakukan pada hewan tikus menemukan bahwa campuran bluberry pada bahan makanan lain akan meningkatkan memori, otak menjadi lebih muda dan menajamkan daya ingat.

Buah dalam kategori keluarga berries yang sering dikenal dengan sebutan super fruits ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh yaitu kaya akan anthocyanin yang merupakan zat antioksidan yang tinggi. Buah berries juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

Oleh karenanya penting untuk mengonsumsi buah berries setiap hari, yang akan menenangkan kecemasan, kasus insomnia dan juga baik untuk hipertensi.

5). Bayam

Bayam mengandung folat tinggi yang baik untuk memperlambat penurunan kognitif dan menjaga otak anak tetap tajam. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak sayuran sangat efektif untuk anda yang ingin memiliki kemampuan otak yang lebih baik.

READ:  Somnambulisme, Berbahayakah?

Manfaat lain dari sayuran ini terutama untuk kesehatan tubuh antara lain : melawan sel kanker, sumber anti – inflamasi, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis, mencegah diabetes, anemia, meningkatkan kualitas penglihatan, dan mengobati pendarahan gusi.

**

Selain kelima jenis makanan tersebut di atas, ada beberapa jenis makanan lain yang dapat membantu otak anak lebih cemerlang. Jadi Anda selaku orang tua haruslah wajib membantu mereka dari hal yang paling kecil seperti mengetahui pola dasar untuk menu sehat makan pagi, siang dan malam.

Tidak harus menu mahal tetapi dapat memberi efek kesehatan yang baik untuk keluarga Anda. Semoga bermanfaat.