5 Tips Memilih Kamar Kost Aman dan Nyaman

Loading...

Memilih Kamar KostSaat harus memilih kamar kost, tak jarang kita kebingungan. Selain pilihan yang beragam, memilih kost hampir sama dengan membayangkan kehidupan kita beberapa bulan ke depan.

Hal tersebut karena kita akan tinggal dengan beberapa orang dalam satu rumah kost, memiliki lingkungan pergaulan baru dan akan beraktivitas dalam kamar tersebut.

Salah dalam memilih kost bisa menjadi amat tidak menyenangkan karena apabila sudah begitu, kita harus mencari kamar kost baru yang memakan waktu. Selain itu, apabila situasi rumah kost tidak nyaman, tentu akan menambah masalah dan membuat konsentrasi kita terbagi.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih kamar kost? Yuk ikuti tips dari kami.

1. Lokasi

Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari kampus maupun tempat kerja anda untuk waktu tempuh yang efisien. Apabila anda tidak keberatan tinggal sedikit jauh dari tempat tujuan, maka lihat jika jalan sekitar sering macet atau lalu lintasnya padat dan sebagainya.

Selain memperhatikan jarak tempuh, perhatikan juga bahwa kamar kost sebaiknya berada di lokasi strategis, tidak jauh dari beberapa fasilitas umum dan temat-tempat yang akan sering anda kunjungi.

READ:  Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru

Supermarket terdekat, apotek, pom bensin hingga laundry maupun restoran yang tidak jauh dari kost anda akan menguntungkan terutama pada saat-saat darurat.

Lokasi pun tidak hanya secara makro namun juga mikro. Perhatikan rumah kost anda apakah berlokasi di pinggir jalan besar, masuk gang kecil, dalam area perumahan, perkampungan maupun area universitas.

Hal ini perhatikan agar saat anda pindah kost, tidak terlalu sulit bagi orang untuk menemukan kost anda.

2. Harga

Tentu saja, harga amatlah penting dalam memilih kamar kost. Pastikan sesuai dengan pemasukan dan budget anda. Tidak perlu memaksakan memilih di luar budget karena akan menyulitkan anda setiap bulannya.

Terkadang kost juga harus dibayar tidak perbulan namun per-6 bulan, per tahun dan sebagainya.

Selain itu, anda juga dapat mengukur jika harga tersebut sesuai dengan kamar kost dan fasilitasnya. Tanya juga secara detail tentang biaya kost sudah termasuk fasilitas apa saja di dalamnya. Apakah sudah termasuk listrik, internet, air, gas dan yang lainnya.

READ:  Tips Merawat Tanaman Kaktus

3. Kondisi Kamar

Kondisi kamar pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi kamar. Apakah itu dekat gerbang depan, dekat tangga, menghadap kebun atau yang lainnya. Pilih kamar sesuai selera anda. Jika anda ingin praktis, kamar yang dekat dengan gerbang depan mungkin dapat menjadi pilihan.

Tetapi untuk mendapatkan situasi dan suasana yang tenang, sebaiknya pilih yang tidak terlalu dekat dengan area umum yang sering digunakan bersama.

Perhatikan juga kondisi kamar, apakah sudah terfasilitasi dengan mebel kamar atau belum. Pertimbangan apakah cukup memuat barang-barang anda hingga apakah semua mebel dalam kamar masih berfungsi.

Lihat pula apakah kamar memiliki ventilasi yang cukup hingga sirkulasi udara pun lancar.

4. Suasana Rumah Kost

Anda tentu dapat menilai secara umum suasana rumah kost. Penghuninya, ibu maupun penjaga kost hingga security. Apakah mereka tipe yang akan cocok dengan anda atau tidak.

5. Keamanan

Ya, keamanan rumah dan kamar kost amatlah penting. Pastikan kunci kamar berfungsi banyak dan mungkin ada gembok tambahan di belakan pintu. Selain kamar kost, perhatikan juga apakah rumah kost memiliki pagar dan tempat parkir yang aman.

READ:  5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kost

***

Selamat memilih kamar kost!