7 Cara Menjalin Kedekatan Hubungan dengan Kakek dan Nenek Anda

Loading...

Cara Menjalin Kedekatan dengan Kakek dan NenekBeruntunglah anda yang masih memiliki kakek dan nenek, karena mereka panjang umur dan masih diberi kesempatan untuk berada di sekitar anda.

Pengaruh modernisasi tidak hanya berpengaruh pada gaya hidup namun juga pada hubungan kedekatan antar keluarga. Pesatnya perkembangan jaman tentu menimbulkan sedikit masalah bagi mereka yang harus beradaptasi dengan segala hal baru tersebut.

Ya, sebagian kakek dan nenek kita mungkin memerlukan usaha yang cukup keras untuk beradaptasi untuk hal-hal modern dengan segala pengalaman hidup yang mereka miliki.

Hubungan kakek nenek dengan cucu biasanya terjalin amat erat ketika kita masih kecil, namun ketika kita beranjak ramaja dan dewasa, apakah kedekatan itu masih terjalin?

Karena kesibukan yang padat hingga pergaulan dengan teman yang lebih asyik, kita sering lupa memberi perhatian kepada mereka. Tak jarang kita malas menelepon atau berkunjung ke rumahnya.

Untuk anda yang ingin menjalin kedekatan dengan kakek dan nenek, ikuti tips dari kami berikut.

1. Tengok Mereka

Mereka akan amat senang jika kita mengunjunginya. Mengunjungi tak harus setiap saat, namun jadikan saat berkunjung itu sangat erat dengan memberi sesuatu yang mereka suka atau sekedar bercerita tentang kondisi anda saat ini.

READ:  6 Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan Pada Bayi

Anda juga dapat mengenalkan kepada mereka pasangan maupun teman baru anda. Tentu hal ini akan membuat mereka senang mengingat anda masih perhatian dan ingin mereka tahu akan orang-orang yang menjalin hubungan dengan anda.

2. Komunikasi Rutin dengan Mereka

Berkomunikasilah dengan mereka secara rutin, meskipun itu hanya menanyakan kabarnya.

Anda dapat meneleponnya atau mengirim pesan lewat telepon genggam, untuk menganyakan kabarnya, apakah mereka dalam kondisi sehat dan berikan pula kata-kata motivasi maupun yang dapat menyenangan mereka.

3. Mintalah Nasihat

Curhat tak hanya dapat anda lakukan dengan teman, pasangan maupun dalam jejaring sosial.

Kakek dan nenek terkadang memiliki nasihat yang justru jauh lebih baik karena mereka mengenal kepribadian kita. Tanyakan saran dan pendapatnya saat anda memiliki masalah maupun hanya ingin sekedar berbagi cerita.

4. Sumber Sejarah

Mengapa tidak? Mereka pernah hidup di masa-masa yang anda tak pernah tahu bagaimana kondisi pada saat itu.

Tanyakan tentang sejarah negara, dimana mereka pada saat itu, apa yang mereka lihat dan lain sebagainya. Anda juga dapat menanyakan tentang ibu atau ayah anda ketika mereka masih kecil.

READ:  10 Tanda Hubungan Sehat

Sejarah tak hanya tentang masa perang dan lain sebagainya, namun juga sejarah hidup mereka dan orang-orang terdekat anda. Ciptakan pula suasana bercakap-cakap yang hangat.

5. Belajar Memasak dari Nenek

Jika ibu anda pandai memasak, mungkin bakat tersebut diturunkan dari nenek. Lalu mengapa tidak belajar masak saja dengan beliau? Jika anda mengenal beberapa masakan buatan nenek yang sangat anda gemari, katakan padanya bahwa anda ingin juga dapat membuatnya.

Kegiatan memasak bersama nenek tentu dapat terasa amat menyenangkan karena anda dapat saling mengobrol ketika memasak dan mengambil satu hal darinya : bakat memasak!

6. Kenalkan dengan Dunia Baru

Ya, ceritakan tentang informasi maupun kejadian yang sedang booming di kalangan anda. Misalnya tentang perkembangan teknologi, fashion hingga kejadian ter up-to-date lainnya.

Jika perlu ajak mereka juga melakukan kegiatan tertentu yang seru seperti fotografi, bermain game pada gadget anda dan lain sebaginya.

7. Olahraga Bersama

Kegiatan ini tentu bermanfaat bagi anda dan juga bagi mereka. Ajak mereka berolahraga ringan seperti berjalan kaki maupun naik sepeda jika mereka masih mampu melakuannya.

READ:  Tips Membuat Bekal Makanan Sekolah Untuk Si Kecil

***

Rawat kakek dan nenek anda dengan cara membahagiakan mereka dan memberi perhatian sehingga mereka tahu bahwa anda selalu ada untuk mereka.