5 Ide Aktivitas Sosial yang Patut Dicoba

Loading...

Ide Aktivitas SosialMelakukan aktivitas sosial, Mengapa tidak? Justru dengan melakukannya, kita mendapatkan banyak manfaat. Jika anda dan pasangan, anggota keluarga dan teman-teman sudah jenuh dengan kegiatan bersama yang itu-itu saja, cobalah melakukan kegiatan sosial.

Aktivitas sosial dapat memberikan kita berbagai manfaat terutama dalam menumbuhkan rasa sosial dan kemanusiaan yang lebih tinggi. Tak hanya terhadap manusia, manfaat aktivitas sosial juga dapat kita lakukan terhadap ciptaan Tuhan lainnya, hewan dan alam.

Tak hanya untuk diri sendiri, jika kita melakukannya dengan orang lain, manfaat aktivitas sosial pun dapat dirasakan oleh mereka.

Untuk anak-anak misalnya, kita dapat mengajarkan tentant pentingnya menghargai orang lain dan mengerti akan pentingnya saling tolong-menolong.

Melakukan kegiatan sosial tidak harus berupa kegiatan besar maupun tergabung pada suatu organisasi tertentu. Kegiatan sosial dapat kita lakukan dengan cara-cara yang mudah dan tidak perlu jauh-jauh, jika kita peka terhadap lingkungan sekitar.

Mau tau ide-ide kegitan sosial yang seru dan sangat mudah dilakukan? Simak ulasan dari kita berikut.

READ:  Tips Fashion bagi Wanita Berpayudara Besar

1. Membersihkan sampah

Sampah sudah lama menjadi pokok permasalahan daerah perkotaan selain polusi udara. Bagaimana tidak? budaya membuang sampah pada tempatnya serta kesadaran masyarakat luas akan bahaya sampah yang masih kurang menyebabkan masalah sampah semakin parah.

Tengoklah lingkungan sekitar anda dan lakukan kegiatan membersihkan sampah. Dari yang terkecil misalnya lingkungan perumahan, kompleks hijau sekitar hingga sungai dan pantai.

Anda dapat melakukannya secara rutin dan pastikan ada yang melihat kegiatan ini agar orang lain juga terdorong untuk berpartisipasi.

Membersihkan sampah tidak hanya memasukkannya dalam kantong plastik besar, namun juga dapat dikembangkan dalam pemisahan jenis sampah dan pengolahan sampah.

2. Mengumpulkan barang bekas

Kegiatan yang satu ini tentu tak asing bagi kita. Barang-barang yang terbeli namun tak lagi terpakai sering menumpuk begitu saja di rumah.

Ajak anggota keluarga hingga kerabat anda untuk mengumpulkan barang bekas yang masih layak pakai untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di desa teredekat misalnya, atau memberikannya ke badan-badan sosial yang nantinya akan disalurkan.

READ:  Sensasi Lelehan Cokelat dari Chocolate Molten Cake

Anda juga dapat menjual barang-barang bekas anda yang hasilnya akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

3. Kebutuhan untuk murid sekolah

Ya, jika kita peka, masih banyak sekolah-sekolah yang masih membutuhkan banyak inventaris sekolah, terutama sekolah di daerah miskin yang para muridnya juga kesulitan membeli buku, baju seragam hingga perlengkapan lainnya seperti sepatu yang layak.

Anda dapat memulainya dari barang-barang anak anda yang sudah tak terpakai, atau buku-buku pengetahuan yang kira-kira dapat bermanfaat untuk para murid tersebut.

4. Perayaan bersama anak yatim piatu

Perayaan tak harus pada pesta-pesta seperti ulang tahun dan lain sebagainya. Anda dapat membahagiakan anak yatim piatu dengan cara yang cukup mudah.

Datangi panti asuhan setempat dan ajak meraka untuk makan bersama misalnya, atau pergi ke pusat hiburan tersedai seperti kebun binatang maupun taman hiburan lainnya.

5. Bercocok tanam

Apakah pernah terpikirkan untuk ikut merasakan kegiatan para petani maupun tukang kebun di ladang? Bagi orang kota, mungkin kita tidak pernah tahu bagaimana makanan yang kita konsumsi diolah.

READ:  Ini Dia, 5 Tips Perawatan Rambut Pasca Perwarnaan

Coba datangi desa terdekat maupun daerah pegunungan yang mayoritas masyarakatnya bertani dan berladang.

Anda dapat meminta ijin mereka terlebih dahulu untuk mengikuti kegiatan mereka, menanam padi misalnya. Tentu akan menjadi pengalaman berharga dan kita dapat merasakan usaha mereka untuk menghasilan bahan makanan. Dengan begitu kita pun dapat lebih menghargai makanan yang kita konsumsi.