8 Cara Jitu Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Loading...

Menghilangkan Bau BadanPernahkah Anda mengalami problem bau badan berlebihan sehingga mengganggu penampilan diri sendiri maupun pergaulan di sekitar Anda? Memiliki bau badan tidak sedap banyak mempengaruhi kegiatan sehari-hari.

Bau badan adalah salah satu jenis masalah yang sudah ada dari jaman dahulu dan paling banyak dialami oleh orang-orang terutama kaum pria. Namun tidak jarang kaum wanita bahkan anak-anak kecil pun terkena masalah ini.

Seperti disebutkan di atas, selain bisa mengganggu penampilan Anda, bau badan juga berpengaruh terhadap rasa percaya diri kita saat tampil dan bergaul dengan keluarga, teman-teman, kekasih atau pun orang lain yang kebetulan berada di dekat kita.

Bau badan itu sendiri disebabkan karena biang keringat yang keluar bercampur dengan beragam bakteri dan kotoran menempel di permukaan tubuh kita. Sehingga keringat menjadi sedikit berbau tak sedap dikarenakan bereaksi dengan bahan-bahan lain di luar tubuh kita yang banyak terdapat di udara.

Itulah kenapa kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan tubuh minimal dengan mandi 2x dalam sehari.

Beberapa tips sederhana yang bisa membantu mencegah dan menghilangkan bau badan tak sedap yang berasal dari dalam tubuh seperti karena keringat berlebih sebagai berikut :

READ:  Mengenal 5 Makanan Penyebab Bau Badan

1). Kurangi konsumsi bawang

Bawang bisa menimbulkan bau badan dan napas tak sedap. Maka dari itu yang rajinlah mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung bumbu-bumbu dari bawang, karena bisa menyebabkan keringat bau.

2). Daun kemangi

Daun kemangi berfungsi bagus untuk mencegah dan menghilangkan bau badan tak sedap, karena di dalamnya mempunyai kandungan zat aktif yang berfungsi bagus untuk menghilangkan bau badan.

Anda bisa mulai mencobanya dengan cara mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan teman sambal dan lauk pauk pada saat makan.

3). Jeruk nipis

Jeruk nipis berkhasiat menghilangkan bau badan tidak sedap. Caranya sederhana,peras jeruk nipis, kemudian airnya dicampur sedikit dengan kapur sirih. Setelahnya gosokkan pada bagian tubuh yang menimbulkan keringat, seperti ketiak atau telapak kaki dan bagian-bagian tubuh yang lain.

4). Jeruk purut

Jeruk purut memiliki banyak kandungan minyak asiri yang terbukti cocok dan ampuh untuk menghilangkan bau badan. Anda bisa mencobanya dengan cara campurkan kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan air secukupnya. Jamu ini dapat rutin diminum setiap hari 1x.

READ:  8 Cara Alami Menghilangkan Sakit Gigi

5). Daun sirih

Daun sirih dikenal ampuh dalam hal menghilangkan bau badan. Selain mudah diperoleh, cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, yaitu rendam beberapa lembar daun sirih ke dalam air panas atau bisa juga direbus. Air rebusan ini diminum setiap hari dengan rutin hingga bau badan berkurang.

Cara lain bisa dengan menghaluskan daun sirih beberapa lembar dicampur dengan kapur, lalu oleskan pada bagian ketiak dan telapak kaki.

6). Rimpang temulawak

Temulawak banyak mengandung zat saponim, flavoinoida dan minyak asiri yang bisa mengatasi bau badan tak sedap. Anda bisa mencobanya dengan cara meminum air rebusan rimpang temulawak yang sudah dihancurkan secara kasar/dipotong-potong.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai masker yaitu dari parut temulawak dan balurkan ke seluruh badan dan diamkan hingga kering, bilas dengan mandi pakai air bersih.

7). Cuka apel

Cuka apel merupakan deodoran alami yang paling ampuh di dalam mengurangi pH kulit, Anda bisa mencobanya seperti untuk menghilangkan bau ketiak tak sedap dengan cara gunakan sari cuka apel setiap hari sebagai pengganti deodoran.

READ:  DIY - Masker Cranberries Untuk Wajah Bebas Kerutan

Gunakan dengan cara memasukkan cuka apel ke dalam segelas air, aduk rata, selanjutnya pakailah untuk membilas ketiak Anda setiap mandi.

8). Baking soda

Baking soda dapat berguna untuk mengurangi keringat berlebih saat Anda melakukan aktifitas seperti berolah raga di luar ruangan. Caranya adalah dengan memakai baking soda pada ketiak dan telapak kaki sehingga bisa mengurangi cucuran keringat yang keluar dari dalam tubuh.

**

Itulah beberapa tips dan cara sederhana bagaimana Anda menghilangkan bau badan tak sedap secara alami tanpa menimbulkan efek samping lainnya seperti perubahan warna ketiak. Anda dapat mencobanya sesering mungkin terutama di rumah, di mana waktu yang paling baik adalah pagi hari atau sore. Selamat mencoba!