Tips Membuat Jus Milkshake Buah yang Nikmat

Loading...

jus buahJus milkshake buah, tentu Anda sudah tidak asing lagi untuk mendengar nama salah satu minuman yang sudah populer di kalangan para pecinta kuliner. Jenis minuman ini, selain memiliki cita rasa manis dan segar, juga mempunyai nilai gizi tinggi.

Minuman jus merupakan sejenis minuman dari buah-buahan yang proses pengolahannya adalah daging buah diblender/dihaluskan bersama-sama dengan bahan dasar lain seperti air, es batu, sirup, susu dan es krim.

Berikut diberikan beberapa tips penting membuat segelas jus dingin dan segar, milkshake buah sebagai berikut:

1) Bahan membuat milkshake buah

Jus pada umumnya berasal dari buah-buahan yang sudah matang. Untuk pengembangan, jus sering dikombinasikan dengan bahan dasar lain seperti es krim sehingga tercipta jus milkshake buah yang nikmat.

Selain buah-buahan dan es krim menjadi bahan utama, bisa juga ditambah dengan bahan lain, di antaranya adalah sirup gula/madu, potongan es batu dan tentu saja sedikit air matang ditambahkan ke dalam campuran jus untuk memudahkan proses penghalusan dan menjadikan tekstur jus tidak terlalu kental.

READ:  7 Resep Milkshake Nikmat Penangkal Dahaga

2) Proses membuat milkshake buah

Proses utama membuat jus yang tepat yaitu terdiri dari dua cara.

Pertama, kupas dan potonglah buah-buahan yang hendak dijus (misalkan jeruk) menjadi dua bagian, lalu dimasukkan ke wadah juice extractor. Daging buah kemudian ditekan sehingga menghasilkan jenis jus tanpa ampas yang banyak mengandung nutrisi tinggi untuk kesehatan tubuh (tetapi tidak bagus digunakan sebagai jus milkshake).

Cara kedua adalah dengan memblender campuran potongan buah-buahan segar, air dingin, es batu dan sirup gula/madu ke tabung blender. Proses sampai menjadi lembut. Cara kedua dapat menghasilkan jenis jus agak kental dan tinggi kandungan seratnya (jenis jus inilah yang bagus dipakai sebagai jus milkshake buah yaitu dengan menambahkan bahan es krim aneka rasa sesuai dengan selera Anda).

3) Memilih buah yang digunakan

Gunakan buah yang masih dalam kondisi segar. Cuci bersih dan potong-potong sebelum digunakan. Untuk yang menderita diabetes bisa ganti gula pasir dengan madu untuk pemanis alami yang berfungsi menyehatkan tubuh.

Gula pasir menyebabkan jus mengandung nilai kalori yang tinggi, juga menghambat penyerapan vitamin C ke dalam tubuh. Sebaiknya penyajian jus dalam kondisi dingin, sebab selain lebih segar, bisa membuat vitamin tetap bertahan bagus.

READ:  Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Hamil

4) Perbedaan jus dan milkshake buah

Jus milkshake buah jika dilihat sepintas terutama dari bahan dasarnya, hampir sama persis seperti jenis minuman jus yang lainnya yaitu terdiri dari buah-buahan segar, sirup gula, susu tawar cair/ kental manis dan es batu/air secukupnya lalu melalui proses diblender sampai lembut.

Namun yang membedakan di sini adalah penambahan susu dan es krim yang menjadi bahan dasar pembuatan jus buah milkshake yang segar, manis dan nikmat.

Cara lain menghasilkan segelas jus milkshake buah yang lezat adalah dengan  menggunakan shaker. Sari buah, susu tawar cair, potongan es batu dan sirup gula di masukkan menjadi satu dalam tabung shaker. Kocok sampai benar-benar tercampur rata. Lalu tuang ke dalam gelas saji.

Tambahkan es krim sesuai selera sesuaikan dengan jenis buah yang dipakai di atasnya, jus siap disajikan. Atau Anda dapat juga mencampur es krim langsung ke dalam shaker. Namun pada umumnya penyajian es krim biasanya hanya sebagai topping di atas sari buah saja.

READ:  9 Bahan Alami untuk Merawat Kesehatan Kuku

**

Banyak macam jus buah segar yang Anda dapat coba di rumah dikala waktu senggang bersama-sama keluarga tercinta seperti jus buah alpukat, apel, sirsak, pisang dan jenis buah-buahan segar lainnya yang tentu semua memiliki nilai gizi tinggi dan cita rasa sangat lezat.

Agar mendapat hasil yang optimal, jangan lupa untuk memperhatikan tips sederhana tersebut di atas tentang membuat kombinasi jus milkshake buah yang lezat dan bergizi tinggi.

Selamat mencoba !