10 Tips Meringankan Nyeri Punggung selama Kehamilan

Loading...

10 Tips Meringankan Nyeri Punggung Selama KehamilanNyeri punggung (back pain) dan kehamilan berjalan beriringan, dan lebih dari 75 persen wanita hamil mengalaminya.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankannya.

Berikut adalah 10 tips meringankan nyeri punggung selama kehamilan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mencobanya, dilansir dari SymptomFind.com:

Kenakan Sepatu yang Tepat

Banyak selebriti yang mungkin mengenakan platform heels dari desainer favorit mereka sepanjang kehamilan. Tapi memakai sepatu yang tepat merupakan pilihan yang baik saat berbicara mengenai nyeri punggung.

Sepatu hak tinggi memaksa panggul Anda ke depan, melebihkan kelengkungan di daerah pinggang dari punggung bawah. Meskipun terlihat bagus, sepatu hak tinggi hanya akan menambah ketegangan di bagian punggung, jadi pilihlah sepatu flat atau hak rendah.

Panaskan, Dinginkan atau Pijat!

Jika penyebab rasa sakit berkaitan dengan otot, maka panaskan, dinginkan atau berikan pijatan mungkin menjadi hal terbaik. Mendinginkan dengan kompres es bisa membantu mengurangi peradangan, sementara memanaskannya dengan heat pack dapat membantu menenangkan otot, dan tidak menimbulkan bahaya yang melekat pada bayi.

Pendinginan dapat menyebabkan luka pada kulit jika diterapkan secara langsung atau dibiarkan terlalu lama, jadi pastikan bahwa es tersebut dibungkus handuk dan tidak dibiarkan lebih dari 20 menit.

READ:  4 Cara Alami Melentikkan Bulu Mata Wanita

Pemanasan tidak boleh dilakukan terlalu panas karena dapat meningkatkan suhu inti tubuh yang berbahaya bagi bayi.

Pijatan juga membantu mengendurkan otot , tetapi harus dilakukan oleh seorang profesional, dan tidak boleh dilakukan sambil berbaring di atas perut.

Akupunktur

Akupunktur telah digunakan dalam pengobatan Cina selama ribuan tahun untuk membantu meringankan berbagai kondisi, termasuk nyeri punggung selama kehamilan.

Akupunktur umumnya dianggap aman karena bebas obat. Namun, karena akupunktur menembus kulit, ada resiko kecil terkena infeksi. Pastikan bahwa ahli akupunktur berlisensi dan berpengalaman dalam bekerja dengan wanita hamil.

Mengangkat dengan Benar

Mekanika tubuh sangat penting saat hamil. Jika seorang wanita hamil harus mengangkat sesuatu, bahkan sesuatu yang relatif ringan, ia harus berjongkok untuk mengambilnya dan bertumpu pada kakinya, bukan pada punggungnya yang sudah tegang. Dia juga harus menghindari memutar badan.

Bantal Pinggang

Karena banyak nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil adalah di daerah pinggang bagian belakang, bantal pinggang akan membantu mendukung bagian belakang, terutama ketika duduk selama berjam-jam di kantor. Bantal ini tersedia dalam berbagai bentuk dan kain sehingga pasti cocok untuk semua orang.

READ:  Hipotiroid Selama Kehamilan

Olahraga

Olahraga baik bagi sebagian besar wanita hamil, asalkan dokter tidak menyarankan sebaliknya. Ketika bicara tentang nyeri punggung, wanita hamil bisa membantu mencegah perkembangan nyeri punggung dengan memperkuat otot inti.

Sementara latihan perut tidak selalu dianjurkan selama kehamilan, meningkatkan kebugaran secara keseluruhan terbukti bermanfaat. Berenang adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan saat hamil dan berat badan akan membantu melepaskan ketegangan sendi dan mendukung kenaikan bobot perut.

Postur yang Baik

Ketika wanita mengalami nyeri punggung, insting pertamanya ialah mencoba dan meregangkan bahu dengan menjatuhkannya ke depan hingga mendatar dengan punggung bawah. Meskipun hal ini dapat membantu mengurangi nyeri untuk sementara, duduk seperti ini untuk jangka waktu yang lama justru bisa membuat sakit punggung semakin parah.

Jadi, wanita hamil harus mempertahankan postur yang baik. Jika otot punggung terasa lelah saat duduk di meja kerja, misalnya, mereka harus mencari dukungan bantal.

Perawatan Chiropractic

Perawatan chiropractic, atau manipulasi tulang belakang untuk meredakan nyeri, telah terbukti aman selama kehamilan asalkan chiropractor memenuhi syarat untuk bekerja pada wanita hamil saat tindakan pencegahan khusus harus diambil.

READ:  Cara Menyanggul Rambut Pengantin Dengan Gaya Messy Braid Updo

Bahkan, perawatan chiropractic memiliki sejumlah manfaat selama kehamilan dan, menurut American Pregnancy Association, tidak ada kontraindikasi karena bebas obat dan non-invasif.

Tidur Menyamping

Para ahli sepakat bahwa posisi terbaik bagi wanita hamil saat tidur ialah di sisi kirinya. Alasannya adalah dibutuhkan tekanan dari pembuluh darah besar serta membantu meringankan beban berat kehamilan. Ini bisa sulit bagi beberapa wanita, terutama yang terbiasa tidur telentang.

Dukungan Bersalin

Sabuk dukungan bersalin telah ada selama sekitar puluhan tahun dan bekerja dengan membantu melepaskan ketegangan di punggung bawah, mendistribusikan berat badan melalui pinggul.

Ini hanya beberapa cara yang dapat dilakukan wanita hamil untuk meringankan nyeri punggung. Semoga bermanfaat!