Alpukat, Buah Serbaguna yang Kaya Manfaat

Loading...

manfaat alpukatPada jaman dulu, buah alpukat mempunyai reputasi sebagai salah satu makanan afrodisiak, yang bermanfaat untuk merangsang kemampuan seksual seseorang.

Oleh karena itu buah ini jarang dibeli atau dikonsumsi, tujuannya adalah untuk melindungi citra diri masyarakat dari fitnah (terutama untuk kaum wanita).

Perkembangan selanjutnya, setelah melalui beberapa penelitian di bidang kesehatan, ternyata ditemukan bahwa buah alpukat mempunyai multi fungsi sebagai keindahan maupun kesehatan wajah Anda.

Manfaat kesehatan dari buah ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

Kandungan karotenoid

Buah alpukat banyak mengandung sumber terbaik dari zat-zat karotenoid dan phytonutrient. Karena alpukat memang dikenal sebagai buah yang mempunyai beragam jenis karotenoid mulai dari beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, juga varietas yang kurang begitu dikenal dari zat phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin.

Setiap kali Anda makan buah ini yang kaya akan kandungan karotenoid, tubuh menerima banyak asupan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Karotenoid mempunyai fungsi meningkatkan sistem kekebalan daya tubuh Anda dan secara otomatis meningkatkan fungsi kesehatan dari sistem reproduksi. Karotenoid bisa larut dalam lemak, hingga akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Sumber vitamin B1

Kehadiran kandungan tiamin dalam daging alpukat membuat buah ini bermanfaat dalam menciptakan metabolisme lemak dan karbohidrat yang cukup menyehatkan.

Selain itu, buah ini bisa membantu meningkatkan fungsi pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf. Zat tiamin bisa meningkatkan kesehatan seksual pria dan menyembuhkan disfungsi ereksi.

Sumber vitamin B2

Riboflavin yang ada dalam daging alpukat bisa membantu pembentukan sel darah merah dan juga meningkatkan sirkulasi darah. Vitamin ini banyak mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ seksual serta membantu proses menyembuhkan disfungsi ereksi dengan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

READ:  Manfaatkan Nutrisi Alpukat untuk Kecantikan

Sumber protein

Alpukat menyediakan semua zat asam amino esensial yang berjumlah 18 buah sangat bagus diperlukan untuk perkembangan kesehatan tubuh Anda sehingga dapat menyimpan cadangan protein lengkap.

Berbeda dengan protein yang terdapat di dalam daging yang sedikit sulit untuk dicerna, protein daging alpukat paling mudah diserap oleh tubuh karena cukup mengandung serat.

Jika Anda hendak berniat mengurangi asupan makanan dengan sumber protein hewani dalam diet, atau jika Anda adalah vegetarian dan ingin mencari lebih banyak sumber protein, daging alpukat dapat menjadi pilihan nutrisi yang menyehatkan.

Kaya nutrisi

Kandungan gizi yang cukup tinggi dalam sebutir buah alpukat membuat buah ini bagus dipakai sebagai obat alami terutama untuk disfungsi ereksi.

Beberapa ahli gizi menjelaskan bahwa zat beta-karoten, magnesium, vitamin E dan kalium dalam daging alpukat bisa membantu meningkatkan hasrat seksual pria dan mencegah impotensi.

Mengontrol gula darah

Alpukat banyak mengandung zat lemak tak jenuh yang mampu dalam mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh dalam mengatur gula darah secara teratur. Disamping serat makanan di dalamnya banyak membantu mempertahankan tingkat gula darah.

Menurunkan kolesterol

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang bagus dan bisa meningkatkan HDL. Alpukat juga banyak mengandung betasitosterol yang akan berfungsi mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

READ:  6 Cara Alami Melembabkan Kulit Yang Sangat Kering

Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat daging alpukat menjadi makanan yang baik untuk memecah kolesterol tersebut.

Sumber lemak baik dalam tubuh

Alpukat memiliki beberapa jenis lemak sehat yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Seperti halnya minyak zaitun, alpukat bisa meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Kolesterol HDL bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan oleh karena radikal bebas. Jenis kolesterol tipe ini juga bisa menolong mengatur kadar trigliserida serta berfungsi baik mencegah diabetes.

Beberapa penelitian kesehatan di Canadian Medical Association Journal menjelaskan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, bisa membantu menurunkan kadar LDL (buruk kolesterol).

Menangkal radikal bebas

Para peneliti menjelaskan bahwa kandungan minyak alpukat bisa menembus ke dalam mitokondria, bagian terpenting dari fungsi sel-sel tubuh yang dapat mengubah makanan menjadi energi.

Adapun kandungan antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu dalam memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

Menjaga tekanan darah

Khasiat sebutir buah alpukat bisa berfungsi dalam membantu menjaga tekanan darah tetap normal, hal ini dikarenakan buah alpukat banyak mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah Anda, terutama bisa mencegah supaya tidak terkena serangan darah tinggi.

Serangan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit stroke yaitu penyakit yang membuat tubuh tidak bisa bergerak separuhnya. Namun dengan adanya kandungan potassium dalam buah alpukat, serangan darah tinggi, stroke ataupun penyakit penyumbat sirkulasi darah lainnya dapat dihindari sedini mungkin.

READ:  Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Berfungsi sebagai kesehatan jantung

Kandungan lemak terdapat dalam buah alpukat sering dianggap sebagai alat dalam membantu memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh Anda. Padahal, lemak ini justru membantu melindungi kesehatan jantung Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam oleat dalam daging alpukat bisa meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat adalah asam lemak utama yang terdapat di dalam alpukat.

Mencegah kanker

Berdasarkan beberapa studi/penelitian kesehatan, bahwa ekstrak alpukat bisa menolong membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang ganas memicu kanker mulut. Namun ekstrak ini juga diyakini memiliki efek yang sama terhadap jenis kanker yang lainnya. Manfaat buah alpukat banyak dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C maupun E serta antioksidan.

**

Demikianlah efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung di dalam daging alpukat menawarkan khasiat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan).

Campuran zat-zat unik dalam buah alpukat seperti vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak banyak membantu mencegah sakit peradangan. Terbukti alpukat bisa membantu mencegah bahkan mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.