4 Cara Mudah Alami Mencegah dan Mengobati Kutu Air

Loading...

Mencegah dan Mengobati Kutu AirKutu air merupakan salah satu jenis penyakit yang muncul sebagai akibat tumbuhnya jamur dermatofit (dermatophytes) atau trikofiton (trichophyton) pada kulit terutama telapak kaki.

Infeksi jamur ini juga terjadi pada berbagai bagian tubuh penting lainnya seperti tangan, pangkal paha, maupun kulit kepala. Infeksi kutu air seperti adanya rasa gatal-gatal berawal di antara jari-jari kaki lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh yang lain terutama kaki.

Penyebab penyakit karena kutu air biasanya jamur yang berkembang pada kondisi-kondisi tertentu. Lingkungan lembab dan hangat juga menjadi tempat subur dan favorit untuk jamur.

Seseorang yang menggunakan sepatu terlalu lama dapat menyebabkan kaki cenderung dalam kondisi lembab sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur sangat subur.

Dengan memakai sepatu basah, sepatu plastik atau kaus kaki basah juga bisa membuat infeksi jamur pada kaki. Selain itu, kaki yang sering terkena air saat mencuci akan mempercepat risiko tumbuhnya jamur kutu air.

Gejala awal anggota tubuh terkena kutu air adalah mirip dengan penyakit kulit yang lain seperti kurap. Bagaimana cara mencegah sekaligus mengobati seandainya Anda yang terkena penyakit ini ?

READ:  Duduk Terlalu Lama Berdampak Serius Bagi Kesehatan

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda dalam menghilangkan kutu air:

1). Singkong

Singkong selain dikenal baik sebagai bahan makanan pengganti makanan pokok seperti beras dan gandum, juga bagus dipakai sebagai obat anti jamur.

Penggunaan singkong untuk menyembuhkan kutu air, caranya sangat mudah yaitu parut sebatang singkong sampai halus berbentuk pasta, lalu tempelkan pasta singkong pada area yang terkena kutu air. Lakukan pengobatan alami ini secara rutin beberapa kali dalam sehari, sampai sakit sembuh.

2). Menggunakan daun talas

Daun talas bermanfaat besar untuk membasmi penyakit kulit karena kutu air. Caranya sangat sederhana yaitu ambil kulit daun talas muda dan hancurkan sedikit lalu jadikan media untuk membalut tempat-tempat terkena kutu air.

3). Bawang putih

Bawang putih dari dahulu terkenal sebagai salah satu bahan aktif dalam membasmi jamur, karena zat-zat yang terkandung pada bawang putih bisa membuat jamur mati.

Cara alami menghilangkan kutu air menggunakan bawang putih adalah dengan menghancurkan secara kasar bawang putih lalu gosok-gosokkan pada badan yang terkena kutu air, atau haluskan bawang putih menjadi pasta, kemudian tempelkan di wilayah yang terkena kutu air.

READ:  5 Cara Alami Berhenti Merokok

4). Menggunakan daun sirih

Daun sirih dapat digunakan untuk obat pencegah kutu air secara alami. Caranya sangat mudah : ambil 10 lembar daun sirih lalu lumatkan hingga setengah hancur dengan tangan saja atau ditumbuk kasar.

Daun sirih kemudian direbus dengan air yang dicampur dengan satu sendok makan garam, tunggu sampai bau sirih tercium menyengat sebagai tanda zat-zat dalam daun sirih keluar.

Selanjutnya, rendamkan kaki Anda yang terkena kutu air ke dalam air hangat-hangat kuku selama 10-15 menit, lakukan secara rutin beberapa kali sampai kaki Anda sembuh betul dari kutu air.

**

Demikianlah tips singkat dan sederhana untuk dilakukan di rumah jika salah satu keluarga tercinta Anda mengalami penyakit kulit karena kutu air. Cara ini sangat alami dan tradisional dimana bahan-bahan dasarnya sangat mudah diperoleh juga tidak begitu mahal. Asal saja Anda rutin melakukan perawatan tersebut, niscaya dalam sebulan penyakit Anda akan sembuh.

Semoga artikel ini mempunyai banyak manfaat untuk semua yang membacanya, terutama Anda yang kebetulan menderita penyakit ini.