5 Makanan Penyeimbang Hormon Wanita

Loading...

5 Makanan Penyeimbang Hormon WanitaPestisida. Polusi. Plastik. Stres. Semuanya merupakan aspek kehidupan modern yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Dr. Holly Lucille, seorang dokter naturopati yang diakui secara nasional, mengatakan bahwa keempat hal di atas merupakan alasan mengapa banyak wanita dan pria yang mengalami ketidakseimbangan hormon – suatu kondisi yang disebut “dominasi estrogen” – yang membahayakan kesehatan mereka.

Namun Dr. Holly mengatakan, seperti yang dilansir dari Newsmax Health, bahwa beberapa strategi sederhana – seperti menghindari produk beracun dan makan makanan sehat yang menyeimbangkan hormon dalam tubuh – dapat melawan efek dari dominasi estrogen. Pendekatan itu sangat penting bagi wanita yang mengalami menopause, yang sering mengambil obat untuk mengatasi gejalanya, katanya.

Efek Ketidakseimbangan Hormon

“Sangat penting untuk menjaga sistem hormon agar tetap seimbang, baik pada pria maupun wanita,” kata Dr. Holly, yang dikenal karena memiliki acara radio sendiri dan penampilannya dalam program TV Dr. Oz. “Ada banyak sumber estrogen dan ada kesempatan di mana Anda mungkin mendapatkan ketidakseimbangan dan itulah dominasi estrogen.”

READ:  12 Tips Agar Terlihat Cantik Meski Sedang Sakit

Dr. Holly, mantan presiden California Naturopathic Doctors Association, menjelaskan bahwa terlalu banyak estrogen, dan bahan kimia sintetis yang meniru efek hormon wanita dalam tubuh, dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali – ciri dari penyakit seperti kanker.

“Hormon menyampaikan pesan dan pesan estrogen ialah memberitahu sel untuk tumbuh dan berkembang biak,” catatnya. “Sangat baik saat gadis muda mulai mengalami pubertas, tapi tidak jika Anda memiliki jaringan yang berkembang biak seperti fibroid uterus, kista ovarium, endometriosis, kanker payudara, atau kanker prostat.”

Dr. Holly juga mencatat bahwa ketidakseimbangan hormon dapat berkontribusi pada buruknya suasana hati, hot flash, berkeringat di malam hari, dan kenaikan berat perut – “semacam lemak yang diperoleh wanita di seluruh bagian tengah dan di atas paha yang benar-benar sulit untuk disingkirkan.”

Makanan Penyeimbang Hormon

Kabar baiknya adalah makanan tertentu mengandung antioksidan yang bermanfaat, flavonoid, dan senyawa lain yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon – termasuk sayuran, daging dari sapi yang diberi makan rumput, bawang putih, makanan fermentasi, dan buah jeruk.

READ:  Mengenal Testosteron dan Estrogen pada Wanita

“Saya senang menggunakan makanan sebagai obat,” kata Dr. Holly, mencatat lima makanan utama dan kelompok makanan yang mendorong kesehatan yang baik. “Dalam situasi yang dominan estrogen, sayuran Cruciferae (keluarga kubis) penuh dengan senyawa… yang benar-benar dapat membantu hati mendetoksifikasi estrogen dengan tepat.”

Brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan sayuran Cruciferae lainnya – serta lemon, limau, bawang putih, bawang, daging dari sapi yang makan rumput dan makanan lain – membantu tubuh membakar lemak dan melawan efek dari terlalu banyak estrogen.

Dr. Holly menambahkan bahwa itu sama pentingnya dengan mengurangi paparan terhadap bahan kimia – dalam makanan, produk pembersih dan lingkungan – yang dapat membuat hormon Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

“Salah satu hal paling penting yang harus Anda hindari adalah pestisida, herbisida, jadi gunakan yang organik sebisa mungkin,” katanya. “Dan ada banyak resep membersihkan yang mudah dan efektif di Internet… menggunakan cuka dan jus lemon, sehingga Anda benar-benar dapat membantu diri Anda mengurangi paparan.”