Kiat-kiat Memulai Bisnis Kuliner Online

Loading...

Memulai Bisnis Kuliner OnlineBisnis kuliner boleh dibilang merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan dan banyak diminati. Mengapa? Karena semua orang butuh makan.

Sekarang ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai salah satu media untuk melakukan promo tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Jika Anda tertarik dan berminat untuk mulai berbisnis kuliner online, ada banyak hal yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda dapat berkembang, dikenal luas dan menjadi sukses.

Simaklah kiat-kiat memulai bisnis kuliner online berikut  ini:

Ciptakan ciri khas produk

Sebelum memulai, Anda harus terlebih dahulu menciptakan suatu ciri khas dari produk yang akan Anda tawarkan. Hal ini memang merupakan tantangan yang cukup sulit jika dibandingkan dengan bisnis franchise atau reseller.

Anda harus menciptakan suatu kreasi unik, membuat bentuk dan rasa yang ‘berbeda’ dari kebanyakan bisnis kuliner lainnya. Hal ini akan memberi bisnis Anda nilai tersendiri dan dapat membuat orang mudah mengenalinya.

Bersabar dan terus mencoba

Sabar. Ini adalah satu poin penting yang harus Anda ingat, melakukan bisnis tidaklah mudah, butuh waktu yang lama agar produk Anda mulai dikenal orang.

READ:  5 Tantangan Ketika Menjalankan Usaha Konveksi

Maka dari itu Anda harus terus bersabar, jangan takut gagal karena hal itu merupakan suatu pembelajaran yang akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan kesuksesan.

Siapkan modal

Modal tentu saja menjadi hal yang harus Anda siapkan ketika akan memulai bisnis apapun, termasuk kuliner.

Meskipun Anda melakukan promosi melalui internet, hal tersebut tidak berarti bahwa Anda tidak mebutuhkan modal sama sekali. Oleh karena itu sebaiknya Anda meyiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis ini.

Perhatikan kemasan

Selain rasa yang enak, Anda juga harus memperhatikan kemasan dari produk Anda karena kemasan adalah hal pertama yang akan dilihat orang. Kemasan yang unik dapat meningkatkan minat seseorang untuk membeli produk Anda.

Melakukan survei

Hal yang tidak boleh Anda lupakan saat akan memulai bisnis adalah melakukan survei tempat, bahan dan anggaran untuk produksi. Dengan ini Anda bisa mengetahui berapa kisaran harga jual untuk produk Anda.

Jika Anda baru memulai, sebaiknya jangan mengambil terlalu banyak keuntungan terlebih dahulu, yang harus Anda perhatikan adalah kualitas produk untuk meraup pembeli yang lebih banyak.

READ:  Kiat Persiapan Budidaya Cabai Merah Besar

Perhatikan keindahan gambar

Ketika memulai sebuah bisnis, terutama online shop, Anda harus benar-benar memperhatikan visual produk. Selain kemasan, Anda sebaiknya mengambil gambar produk dengan angle dan komposisi yang pas.

Hal ini tidak boleh diremehkan karena tentu akan sangat berpengaruh terhadap penjualan Anda.

Perbanyak followers

Setelah Anda menemukan resep dengan ciri khas tertentu dan konsep yang menarik, saatnya untuk memperbanyak jumlah teman atau follower Anda.

Misalnya Anda melakukan promo melalui sosial media twitter, gunakan hastag yang sesuai dengan nama produk Anda agar mudah untuk ditemukan. Selain itu, cobalah untuk menjelaskan lebih rinci tentang bahan unggulan seperti apa yang Anda gunakan sebagai campuran dalam produk Anda.

Pesan antar

Anda harus memikirkan dengan baik bagaimana proses pengiriman produk jualan Anda.

Siapa yang mengantar, perjalanan seperti apa yang Anda lakukan agar produk tersebut sampai kepada konsumen, jangan lupa juga untuk memperhitungkan estimasi waktu yang dibutuhkan agar produk tidak rusak. Ini harus Anda perhitungkan dengan teliti.

Berikan respon cepat pada konsumen

Karena yang Anda lakukan adalah online shop, calon pembeli pasti akan melontarkan banyak pertanyaan karena tidak bisa melihat produk secara langsung. Sebaiknya berikan respon yang cepat dan jelas kepada konsumen.

READ:  5 Tips Memulai Bisnis di Internet

Ikuti bazaar

Untuk membuat produk Anda lebih banyak dikenal orang, ada baiknya untuk ikut serta dalam bazaar atau acara kuliner apapun. Ini juga bisa meningkatkan penjualan produk dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

**

Dalam bisnis, jatuh bangun adalah hal yang biasa terutama saat Anda baru memulai. Apabila ternyata apa yang Anda harapkan tidak sesuai dengan yang terjadi, jangan buru-buru putus asa.

Luangkan waktu Anda untuk lebih mendalami dan mengembangkan produk Anda. Dengan sabar, kesuksesan akan semakin mendekat kepada Anda.