Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Loading...

Mengatasi Penyakit MaagPenyakit maag, sakit radang lambung atau terkenal juga dengan sebutan tukak lambung adalah merupakan salah satu gejala penyakit yang paling sering menyerang bagian lambung manusia dikarenakan terjadi beberapa luka atau peradangan pada lambung yang membuat Anda menjadi sakit, mulas, dan perih yang teramat sangat pada bagian perut.

Pada umumnya penyebab timbulnya penyakit maag adalah penderita mempunyai pola makan yang tak teratur sehingga mikroorganisme merugikan mudah masuk ke dalam tubuh, mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu secara berlebihan atau sebab-sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan sering mengalami stress.

Maag dapat terjadi bila si penderita sering telat makan, atau sewaktu makan si penderita maag terlalu banyak makan dalam porsi besar karena lezatnya hidangan yang tersedia sehingga sedikit lupa akan kesehatan tubuh. Bagi penderita maag yang terlanjur membandel, penyakit ini bisa berbahaya sekali dan tak jarang menyebabkan kematian.

Penyebab sakit maag secara garis besar terdiri dari faktor organik : yaitu gangguan organ penting tubuh seperti ulcus pepticum (luka lambung) dan pancreatitis (radang pada pankreas).

READ:  9 Cara Mencegah Asam Lambung Demi Menghindari Refluks

Faktor fungsional : merupakan gangguan yang terjadi selama masa waktu 12 minggu. Diketahui oleh beberapa peneliti kesehatan dan dokter, tentunya setelah melalui pemeriksaan klinis dan laboratorium.

Sering juga diperoleh munculnya sakit maag tanpa sebab yang jelas atau sakit maag terkait dengan konsumsi makanan jenis tertentu terlalu banyak, seperti kopi, minuman beralkohol, dan makanan berlemak.

Oleh karena itu diberikan beberapa tips sederhana dalam mencegah atau mengobati sakit maag yaitu :

1) Dispepsia organik

Organ tubuh yang terkena gangguan harus segera diobati. Bahkan, jika Anda positif terkena gangguan ini maka satu-satunya jalan yang ditempuh adalah pankreatitis kelas berat, melalui operasi.

2) Dispepsia fungsional

Yaitu memperbaiki gaya hidup terutama dengan pola makan yang teratur, kurangi asupan minuman kopi, makanan pedas, alkohol, mengurangi penggunaan secara berlebihan obat-obatan pereda nyeri dan radang, serta antibiotik yang tidak begitu perlu untuk tubuh.

Secepat mungkin atasi stres dengan yoga, meditasi dan melakukan hobi-hobi menyenangkan Anda.

3) Konsultasi ke dokter

Bila semua tindakan di atas kurang mampu mengatasi sakit, sebaiknya konsultasikan ke dokter guna mendapatkan resep obat yang mujarab, dimana variasinya tergantung dari sistem kerja : penekan produksi asam lambung dan pelindung saluran cerna.

READ:  Yuk, Kenali Jenis dan Gejala Penyakit Maag

**

Sakit maag secara medis paling banyak terhubung dengan produksi asam lambung berlebihan. Juga, terjadinya gangguan sel-sel pelapis bagian dalam lambung dan usus dua belas jari. Setiap kali mereka memproduksi asam lambung atau kerusakan permukaan sel yang meningkat tinggi, dapat memicu terjadinya iritasi, dalam bentuk rasa nyeri teramat sangat.

Untuk itu terapkan tips sederhana tersebut di atas dengan disiplin sehingga tercipta pola hidup teratur diharapkan Anda terhindar dari terkena sakit maag.