10 Daftar Sayuran Tersehat

Loading...

10 Daftar Sayuran TersehatSayuran merupakan bagian penting dari makanan, berisi hingga puluhan nutrisi penting dan mengandung banyak serat. Hanya dengan memenuhi kuota harian 5-9 porsi, Anda membantu membangun kekebalan tubuh terhadap penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Nah, berikut adalah 10 sayuran tersehat yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan potensi melawan penyakit. Baca terus untuk mencari tahu, dilansir dari SheKnows.com.

Tomat

Meskipun secara teknis merupakan buah, tomat lebih sering disajikan sebagai sayuran. Sarat dengan likopen, sayuran berbentuk bola merah ini (dan semua produk berbasis tomat) dikenal karena kemampuannya dalam melawan kanker. Bukan saja penuh dengan kebaikan vitamin (dari vitamin A hingga vitamin K), tomat juga menjaga tekanan darah dan membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh kita.

Brokoli

Sayuran dari keluarga Brassicaceae ini dikemas dengan antioksidan yang membantu mengurangi resiko kanker lambung, paru-paru dan dubur. Dan karena brokoli kaya akan beta-karoten, vitamin C dan folat, ia juga baik untuk mendorong kekebalan terhadap pilek dan flu.

READ:  9 Makanan Super Melawan Lemak

Kubis Brussel

Sayuran hijau kecil ini sangat penting untuk wanita hamil karena mereka dikemas dengan asam folat, vitamin B yang mencegah cacat tabung saraf. Kubis brussel juga dikemas dengan vitamin C dan vitamin K serta serat, kalium dan asam lemak omega-3.

Wortel

Wortel sarat dengan nutrisi yang memperkaya mata, kulit dan rambut. Buah jingga ini juga merupakan sumber nabati paling kaya dengan beberapa kandungan antioksidan penting, seperti vitamin A. Dan karena kaya vitamin C, wortel melindungi sistem kardiovaskular Anda dari kerusakan.

Labu

Merupakan sumber yang baik dari nutrisi anti-inflamasi seperti vitamin C dan beta-karoten, labu dapat membantu mengobati puluhan kondisi kesehatan termasuk asma, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Labu juga kaya kaliu , magnesium dan serat.

Ubi Jalar

Sayuran akar ini memiliki puluhan nutrisi anti-kanker seperti vitamin A, vitamin C dan mangan. Ubi jalar juga merupakan sumber serat dan zat besi, sehingga tidak hanya memberikan energi, tapi juga membantu mengatur sistem pencernaan Anda.

Terong

Tinggi akan nutrisi untuk jantung sehat, terong kaya akan antioksidan seperti nasunin (senyawa unik yang melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan). Dan karena terong sarat dengan serat dan kalium, peneliti percaya bahwa mereka dapat mengurangi resiko stroke dan demensia.

READ:  Apa Saja Manfaat Kesehatan Anggur?

Paprika

Tak peduli Anda lebih suka merah, jingga atau kuning, paprika dikemas dengan puluhan nutrisi untuk jantung sehat seperti likopen dan asam folat. Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi paprika setiap hari dapat menurunkan resiko terkena kanker paru-paru, usus besar, kandung kemih dan kanker pankreas.

Bayam

Sayuran yang dikemas dengan klorofil ini merupakan sumber dari hampir setiap vitamin dan nutrisi yang Anda butuhkan. Para ilmuwan percaya berat diet dalam bayam mungkin dapat mencegah dari sakit jantung sampai kanker usus, dan arthritis osteoporosis.

Bawang

Sayuran berbau tajam ini sangat baik untuk orang yang menderita (atau berisiko mengembangkan) osteoporosis. Hal ini karena bawang sarat dengan peptida yang disebut GPCS, yang mana ilmuwan percaya dapat memperlambat hilangnya kalsium dari tubuh Anda. Bawang juga bermanfaat dalam memerangi penyakit jantung dan diabetes karena mereka sarat dengan vitamin C dan folat.