5 Tips Sehat Memiliki Mata Segar Setiap Saat

Loading...

Menjaga Mata Tetap SehatAda pepatah yang mengatakan mata adalah jendela dunia. Tidak hanya itu, mata juga merupakan cerminan dari kesehatan tubuh dan emosional Anda.

Menjaga mata tetap sehat tidaklah mudah. Mata adalah salah satu alat indra yang paling sensitif dan berbagai kemungkinan dapat terjadi pada mata. Bahkan hanya dengan melakukan sebuah kebiasaan dapat membuat mata rusak.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata agar tidak cepat rusak.

1. Jangan Mengucek Mata

Saat mata terasa gatal, jangan langsung terburu-buru menggosok mata Anda. Tangan Anda mungkin tidak bersih dan terdapat banyak debu atau kotoran yang  terselip di antara jari tangan. Tangan yang mengandung kuman dapat menyakiti mata.

Jika mata terasa gatal, cara yang lebih baik dengan menggunakan air atau obat tetes mata untuk menghilangkan rasa gatal.

2. Istirahatkan Mata

Saat berada di depan komputer atau menonton tivi terlalu lama, biasanya mata akan terasa sakit dan perih bahkan tidak jarang akan berair. Ini dapat menjadi sebuah kebiasaan yang menjadi malapetaka untuk kesehatan mata.

READ:  11 Tips Untuk Mata Lebih Sehat

Saat mata terasa perih, sebaiknya untuk tidak memaksa mata Anda terus bekerja. Istirahatkan mata selama beberapa menit untuk menghilangkan rasa perih dan menghindarkan mata dari bahaya. Kurang mengistirahatkan mata juga dapat menjadi salah satu penyebab mata minus.

3. Perbanyak Mengonsumsi Sayuran, Buah dan Ikan

Selain perlindungan dari luar, menjaga kesehatan mata juga harus dilakukan dari dalam. Mengonsumsi sayur, buah dan ikan setiap harinya akan menjaga mata dari berbagai jenis penyakit.

Anda dapat mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup untuk menjaga kesehatan mata.

4. Lakukan Tes Mata Secara Teratur

Anda mungkin tidak pernah berpikir untuk melakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali dalam sebulan atau dalam dua bulan. Memeriksa mata pada umumnya akan dilakukan saat mata telah mengalami gangguan.

Mulai saat ini usahakan untuk melakukan tes mata Anda secara teratur karena akan membantu mendiagnosa sejak dini dan mencegah kondisi mata seperti katarak, degenerasi makula dan glaukoma.

5. Ganti Soft Lens secara Teratur

Jika Anda sering menggunakan soft lense, maka Anda harus menggantinya secara teratur untuk tetap menjaga mata tetap sehat. Perhatikan mengenai tata cara penggunaan soft lense untuk tetap menjaga mata dan lakukan penyimpanan yang sesuai dengan prosedur.

READ:  Hubungan Warna Ungu Dengan Payudara

Hindari juga menggunakan soft lense yang dijual dengan harga murah karena hanya akan membuat mata menjadi merah dan iritasi. Perlu diketahui juga, menggunakan soft lense harus digunakan pada ruangan dingin untuk menjaga soft lense tidak kering.

**

Demikian beberapa tips untuk menjaga mata tetap sehat. Mata menjadi alat panca indra yang penting untuk dijaga. Karena itu sadarilah pentingnya untuk menjaga kesehatan mata dari luar dan dalam. Semoga bermanfaat.