Dahsyatnya Khasiat Lemon bagi Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

Khasiat Lemon bagi KesehatanPada awalnya, buah lemon sering digunakan sebagai penawar racun karena memiliki sifat antiseptik.

Hal ini tentu tidak mengherankan karena di dalamnya terdapat begitu banyak kandungan baik seperti vitamin C, kalsium, magnesium, potasium, karbohidrat serta antioksidan yang tentu saja memiliki peran yang penting bagi kesehatan tubuh Anda. Namun saat ini lemon tidak hanya digunakan sebagai ‘obat’ saja, namun juga untuk menjaga kecantikan tubuh.

Berikut adalah khasiat yang ditawarkan lemon untuk kesehatan serta kecantikan Anda:

Manfaat lemon untuk kesehatan

Melawan radikal bebas

Lemon, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat sangat membantu untuk membuat tubuh Anda terhindar dan tidak mudah terkena radikal bebas yang masuk melalui makanan atau udara yang Anda hirup.

Mengatasi masalah pencernaan

Dengan mengkonsumsi air perasan lemon setiap hari, dapat membantu Anda meningkatkan sistem pencernaan dan terhindar dari sembelit.

Mencegah terjadinya infeksi

Lemon memiliki fungsi antibodi, hal ini akan membantu tubuh Anda mencegah serta menyingkirkan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi.

Menurunkan berat badan

Untuk menurunkan berat badan, selain berolahraga Anda juga perlu untuk mengonsumsi lemon. Campurkan lemon dengan segelas air hangat, ini mampu meningkatkan kemampuan hati untuk membakar lemak berlebih dan juga menahan nafsu makan Anda.

READ:  5 Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Anda

Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium yang hadir dalam lemon, sangat efektif untuk membantu menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil.

Menjaga kesehatan mulut

Manfaat lain lemon bagi kesehatan ialah bahwa air lemon dapat membersihkan langit-langit mulut Anda, menghentikan pendarahan yang terjadi pada gusi serta menghilangkan bau mulut.

Manfaat lemon untuk kecantikan

Mengatasi jerawat dan komedo

Lemon memiliki kandungan yang mampu berperan sebagai antibakteri dan anti-jamur. Ini tentunya akan sangat efektif guna menghilangkan jerawat dan mengatasi komedo membandel.

Mengatasi bintik-bintik hitam

Asam yang terkandung dalam lemon berkhasiat mengatasi bintik atau noda hitam pada wajah, selain itu lemon juga dapat membuat kulit wajah Anda terlihat makin cerah bersinar.

Membuat rambut berkilau

Dengan mencampurkan kondisioner dan air perasan lemon, Anda dapat membuat rambut Anda terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.

Memperkuat kuku

Lemon memiliki kandungan protein dan keratin yang dipercaya sangat baik untuk memperkuat kuku Anda.

Melembutkan bibir

Anda dapat menggunakan lemon untuk membuat bibir Anda menjadi lembut dan halus. Lemon memiliki kandungan yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di sekitar bibir, selain itu juga dapat membersihkan sisa-sisa lipstik di bibir Anda sehingga membuatnya semakin lembut.

READ:  Inilah 7 Khasiat Luar Biasa Lemon

Cara penggunaannya

Untuk mengatasi jerawat dan komedo

Ambillah satu buah lemon kemudian iris menjadi tipis. Setelah itu langsung gosokkan pada area wajah yang terdapat jerawat dan komedo. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu pada irisan lemon tersebut. Diamkan pada wajah sekitar kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

Untuk membuat gigi tampak lebih putih

Untuk mendapatkan warna gigi yang lebih cerah, Anda bisa mencampurkan perasan air lemon dengan baking soda. Gosokkan pada seluruh bagian gigi Anda dengan menggunakan kain tipis atau telunjuk tangan. Lakukan selama satu menit lalu setelah itu berkumur untuk membersihkan gigi Anda.

Untuk kulit berminyak

Lemon dapat berfungsi sebagai toner bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Cara mengaplikasikannya adalah, ambillah kapas secukupnya lalu basahi kapas dengan air lemon, oleskan pada seluruh wajah. Anda dapat melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur, dan membersihkannya pada pagi hari dengan menggunakan air dingin.

Untuk mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit mati dapat Anda atasi dengan menggunakan lemon. Buatlah scrub dengan mencampurkan air lemon dan gula pasir. Terapkan campuran ini pada wajah Anda dengan menggosoknya secara perlahan, diamkan beberapa saat lalu bersihkan. Anda dapat melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit cerah bersinar.

READ:  7 Tips Berbelanja Aman dan Nyaman di Pasar Tradisional

Untuk merawat kuku

Ambillah sebuah wadah, lalu tuangkan air dan campurkan air lemon ke dalamnya. Rendamlah kuku Anda selama beberapa menit setelah itu bilas. Anda dapat melakukannya sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.