Inilah 7 Khasiat Luar Biasa Lemon

Loading...

Khasiat Luar Biasa LemonKebiasaan kebanyakan orang adalah memulai hari dengan minuman seperti teh dan kopi, bukan dengan mencoba memulai hari dengan air lemon hangat. Atau paling tidak, lemon dengan air yang sudah dimurnikan.

Lemon telah dikenal di seluruh dunia sebagai penyedap rasa dan penyegar makanan serta dikenal sarat dengan kandugan vitamin C. Lemon tumbuh di daerah tropis dan tidak tahan dengan cuaca dingin. Sebagai buah tropis, lemon tentunya mudah didapatkan di Indonesia.

Campurkan setengah gelas lemon dengan satu gelas air besar. Ini bisa dibawa ke mana saja dan diminum kapan saja. Anda akan terkejut kebiasaan sederhana dan murah ini memiliki manfaat besar.

Apa saja manfaatnya? Yuk, simak manfaat lemon di bawah ini:

1. Mendukung fungsi kekebalan tubuh

Lemon sangat kaya dengan antioksidan berupa vitamin C, yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa mengurangi resiko infeksi pernapasan.

Asam askorbat di dalam lemon efektif berperan sebagai anti inflamasi yang mengurangi penyakit asma maupun gejala penyakit pernapasan lainnya. Lemon juga mengandung saponin yang bersifat antimikroba dan menangkal penyakit flu.

READ:  Manfaat Hebat Minum Air Buah Lemon

2. Alkali

Kebanyakan orang cenderung berpikir rasa lemon yang asam membuatnya bersifat asam sehingga memicu penyakit maag. Padahal sebenarnya, lemon adalah salah satu makan yang bersifat paling basa (alkali).

Lemon menjadi menu wajib bagi mereka yang mengikuti program diet dengan cara menyeimbangkan makanan asam dan basa. Asam askorbat dan asam sitrat lemon membuatnya bersifat basa sehingga membantu menetralisir keasaman darah.

3. Menjaga pencernaan

Flavonol di dalam lemon dianggap bertanggungjawab sebagai tonik pencernaan. Jus lemon tidak hanya membersihkan liver, bahkan juga membantu asam klorida di dalam lambung untuk mencerna makanan.

Vitamin C yang terkandung dalam lemon dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit tukak lambung (maag) yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

4. Menutrisi kulit

Vitamin C dan antioksidan lemon mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dan polusi.

Selain bisa meminimalisir kerusakan kulit, antioksidan sekaligus memperlambat proses penuaan diri atau pengeriputan kulit. Jus lemon juga bisa diaplikasian di bekas luka untuk menyamarkannya. Air lemon juga dikenal membersihkan racun dari dalam darah.

READ:  Manfaat Jus Jeruk Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mempercepat proses penyembuhan

Asam askorbat yang berupa vitamin C mempercepat proses penyembuhan luka dan merupakan nutrisi penting yang memelihara jaringan ikat, tulang dan tulang rawan.

Vitamin C juga memiliki efek anti inflamasi. Pendek kata, vitamin C adalah nutrisi penting yang menjaga kesehatan dan mempercepat pemulihan tubuh dari stres dan cedera.

6. Menangkal dehidrasi

Mulailah hari Anda dengan satu gelas air hangat dicampur lemon setiap pagi untuk mengaktifkan pencernaan dan membersihkan tubuh dari racun yang menetap di tubuh Anda semalaman.

7. Memberikan energi

Jus lemon juga membantu menyediakan energi yang Anda butuhkan, karena saat memasuki saluran pencernaan, lemon bisa mengurangi kecemasan dan depresi. Aroma lemon juga dikenal memiliki efek yang menenangkan sistem saraf.

**

Demikianlah manfaat lemon, semoga membantu memberikan manfaat kesehatan bagi Anda dan keluarga.