8 Tips Sehat di Musim Panas

Loading...

Tips Sehat di Musim PanasDi musim panas, cuaca bisa menjadi lebih terik daripada biasa. Di negeri tropis seperti Indonesia, panasnya bisa sangat membakar, tubuh mudah merasa haus dan kulit terasa kering.

Tapi, musim panas memberikan kita kesempatan untuk menikmati udara di luar ruangan. Banyak kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa kita lakukan bersama keluarga maupun teman-teman.

Penting bagi kita untuk selalu sehat di musim apapun. Berikut tips sehat di musim panas yang harus Anda ketahui:

1. Banyak minum air putih

Air menjaga tubuh tetap segar serta terhindar dari dehidrasi. Minumlah setidaknya 2 – 4 cangkir jika Anda keluar rumah untuk kegiatan berolahraga. Anda bisa membawa air sendiri dalam wadah plastik keras (polycarbonate).

Rata-rata orang perlu 2 – 3 liter cairan per hari dan bisa lebih jika cuaca sangat panas dan keringat yang keluar banyak.

2. Pakai topi dan tabir surya

Lindungi diri Anda dari sengatan matahari yang belebihan dengan mengenakan topi agak lebar. Pakailah tabir surya yang alami tanpa bahan kimia yang berlebihan.

READ:  5 Solusi Hidup Sehat di Kantor

Jika kulit Anda terasa terbakar, Anda bisa menggunakan gel dari tanaman lidah buaya yang bersifat mendinginkan dan menenangkan kulit yang terbakar matahari.

3. Aerobik

Aktivitas aerobik penting menjaga jantung tetap kuat dan sehat. Anda bisa melakukan banyak hal saat cuaca cerah, seperti bersepeda, berenang atau tenis. Jika cuaca sangat panas, Anda tetap bisa berolahraga di dalam ruangan.

4. Menikmati alam

Musim panas itu menyenangkan. Banyak buah-buahan dan sayuran organik. Inilah saatnya Anda bisa menikmati buah segar, jus sayuran, salad dan minum banyak air. Tubuh pasti akan lebih sehat.

5. Bersama keluarga

Luangkan waktu untuk bersama dengan keluarga dan teman-teman Anda untuk menikmati udara segar di luar. Rencanakan perjalanan wisat yang menyenagkan, seperti hiking, berkemah, bermain di sungai atau ke pantai. Hidup Anda akan menjadi lebih cerah dan bahagia.

6. Rileks dan bernapas dalam-dalam

Sesuai bekerja keras, relaksasikan tubuh dan ambil napas yang panjang. Ada banyak cahaya matahari di luar rumah yang bisa membuat Anda lebih sehat. Anda bisa berlibur sambil berelaksasi.

READ:  Mengenal Buah Naga Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Hindari ponsel dan TV. Gunakan bunga dan dedaunan untuk spa agar Anda semakin relaks. Berjemur di bawah matahari pagi yang hangat sungguh nikmat dan sehat.

7. Gunakan suplemen

Suplemen dapat meningkatkan energi untuk menunjang kegiatan musim panas Anda. Vitamin B kompleks dapat menenangkan sistem saraf dan membantu memproduksi energi. Vitamin C melindungi tubuh dari stres, polusi dan racun lainnya.

Gunakan suplemen dengan bijak agar jangan sampai berlebihan karena suplemen juga memiliki efek samping jika digunakan terlalu banyak. Ada baiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur agar Anda tidak terlalu perlu mengandalkan suplemen.

Anda juga bisa mengambil tanaman herbal, seperti gingseng, licorice, jahe, kunyit dan banyak lagi.

8. Mengembangkan ide

Gunakan waktu musim panas untuk mengembangkan ide-ide kreatif Anda. Anda bisa mulai dengan berlibur sambil berkontemplasi, ke toko buku, membaca dan lain-lain.

***

Itulah tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musim panas Anda. Semoga bermanfaat.