5 Khasiat Wortel Bagi Kulit dan Rambut

Loading...

5 Khasiat Wortel Bagi Kulit dan RambutWortel merupakan sayuran sepanjang musim, makanan umbi padat gizi. Secara ilmiah dikenal sebagai Daucus carota.

Bagian populer yang dapat dimakan ialah akarnya. Daunnya pun sangat bergizi. Wortel dibudidayakan di berbagai belahan dunia terutama di India, Amerika Selatan, Malaysia, Afrika, Eropa dan Indonesia.

Wortel adalah salah satu sumber vitamin B kompleks terkaya dan juga mengandung niasin, piridoksin, asam folat, biotin dan asam pantotenat. Nutrisi utama lainnya adalah fosfor, kolin, sulfur, kalium dan serat. Wortel juga mengandung kalsium, zat besi dan vitamin C dalam jumlah moderat.

Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang diperlukan untuk penglihatan yang sehat, serta pemeliharaan selaput lendir.

Vitamin yang sama juga penting bagi kesehatan kulit dan rambut dan diperlukan untuk reproduksi manusia, ketahanan terhadap infeksi, memerangi kelelahan, dan fungsi sebagai pelindung sistem saraf. Beta-karoten juga merupakan antioksidan yang dapat mempertahankan tubuh terhadap toksisitas radikal bebas, berisi 86 persen air dan 48 kkal per 100 gram bagian dari yang dapat dimakan.

READ:  9 Manfaat Hebat Jus Wortel

Wortel membantu memperbaiki kulit yang rusak dan melindungi terhadap sinar matahari. Nikmati wortel mentah dalam salad atau dengan saus rendah kalori, atau coba panggang untuk mengembangkan rasa manis yang kaya.

Nah, berikut adalah beberapa resep do-it-yourself menggunakan wortel:

1. Menghidrasi dan melenturkan kulit

Ambil 2 atau 3 parutan wortel segar, tambahkan masing-masing 1 sendok teh susu mentah, madu dan minyak zaitun. Bersihkan wajah Anda dan oleskan. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air. Masker ini akan menghidrasi kulit Anda, menjadikannya lembut dan lentur.

2. Melembutkan rambut

Untuk memiliki rambut bebas dari kerusakan, rebus wortel, haluskan, dan tambahkan beberapa yogurt dan telur, lalu kocok. Terapkan masker, bilas dengan air hangat setelah satu jam dan lihat hasilnya.

3. Jus wortel

Untuk masalah penuaan kulit, jus wortel dapat bertindak sebagai toner. Wortel mampu mengembalikan kelenturan, menghidrasi dan menjadikan kulit tampak lebih muda. Gunakan secara teratur dan lihat perubahannya.

Mengkonsumsi jus wortel melindungi dari penyamakan kulit dan menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari.

READ:  6 Manfaat Madu Untuk Wanita

4. Gunakan sebagai mist untuk mengatasi kerusakan kulit

Campur jus wortel segar dengan dua bagian air mawar, simpan dalam botol semprot dan gunakannya sebagai facial mist. Facial mist ini akan membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari.

5. Dapatkan kulit bercahaya secara alami

Buat bubur dengan merebus wortel lalu memblendernya, tambahkan dengan beberapa tetes lemon, 1 sendok teh madu dan beberapa tetes minyak zaitun extra virgin. Oleskan secara merata pada seluruh wajah dan leher, biarkan selama 20 menit dan bilas. Anda akan menemukan kulit Anda terasa lebih kencang dan bersinar.