Jangan Salah Memilih si Manis Asam Buah Stroberi!

Loading...

Cara Memilih Buah StroberiStroberi atau tepatnya stroberi kebun adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria, buah ini berada dalam keluarga Rosaceae.

Menikmati buah stroberi dengan memakannya secara langsung, tentu akan menimbulkan sensasi segar tersendiri. Tapi selain itu banyak juga orang yang menjadikan stroberi sebagai olahan semisal menjadikannya salad, selai, es krim dan yang paling populer adalah dengan menjadikan buah stroberi sebagai jus.

Manfaat Buah Stroberi

Stroberi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda di antaranya sebagai berikut:

1. Mengandung vitamin C yang cukup tinggi
2. Membuat kulit halus dan sehat bercahaya
3. Mencegah proses penuaan dini, yang tentunya menjaga anda awet muda
4. Memperlambat aktivitas sel kanker dalam tubuh
5. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
6. Mengurangi gejala stroke
7. Mengandung zat anti alergi dan radang
8. Melawan encok
9. Membantu memerangi radang pada sendi
10. Daun stroberi mengandung astringent yang efektif meredakan diare

READ:  Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mulut Bayi?

Cara Memilih Buah Stroberi

Melihat dari manfaatnya yang sangat banyak, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips memilih buah stroberi yang manis dan segar.

– Ketika memilih buah stroberi, hindari buah yang kusam dan tidak mengkilap dan ambillah yang berwarna merah terang. Buah stroberi dengan warna merah cerah menandakan buah yang sudah matang.

– Untuk menentukan kesegaran buah stroberi dapat dengan cara menekan lembut daging buah. Buah yang lembek dan alot tentu sudah tidak segar lagi.

– Bila buah stroberi tersebut layu dan ada cacat pada daging buahnya, sebaiknya dihindari karena buah stroberi tersebut adalah stok lama. Dikhawatirkan kadar vitamin C yang terkandung pada buah sudah berkurang dan rasa tidak segar lagi.

– Buah stroberi yang besar belum tentu yang terbaik. Sebaliknya, buah stroberi berukuran kecil ataupun sedang, pada umumnya memiliki rasa yang jauh lebih manis dibandingkan stroberi besar.

– Nah, jika anda ingin stroberi yang juicy dan mengandung kadar air yang banyak, barulah anda memilih buah berukuran besar, dengan catatan belum tentu rasanya semanis buah stroberi kecil.

READ:  7 Barang Bayi yang Dapat Dimanfaatkan Orang Tua

**

Sebagai salah satu buah yang sangat digemari, tidak heran kalau buah stroberi menjadi salah satu buah favorit keluarga sehingga banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket.

Ada juga yang menawarkan dalam paket wisata kebun stroberi di mana pengunjung diberikan keleluasaan untuk menikmatinya dengan cara memetik sendiri buah langsung dari pohonnya, atau membeli di tenda-tenda kecil yang disediakan untuk buah segar yang baru dipetik, bagus untuk oleh-oleh keluarga Anda di rumah.