Keistimewaan Akar dan Buah Bit untuk Kesehatan

Loading...

Manfaat Buah BitBit merupakan tanaman jenis umbi yang memiliki bentuk pohon dan warna buah sangat cantik sehingga memiliki banyak penggemar. Di samping mempunyai fungsi baik untuk kesehatan, warna ungu dan merahnya sering dijadikan sebagai pewarna makanan yang sifatnya alami sehingga kesehatan dari makanan tetap terjaga.

Tanaman bit banyak ditanam di wilayah asalnya yaitu Amerika dan Inggris. Khasiat buah bit terletak kepada kandungan zat-zat bergizi yang banyak terdapat dalam umbi bit, manfaatnya untuk kesehatan adalah : meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan, meningkatkan aliran oksigen ke otak, menjaga kesehatan ibu hamil, sebagai pencegah kanker, penurun kolesterol dan sangat bagus untuk mengobati batu ginjal.

Di Indonesia tanaman bit banyak dibudidayakan, sehingga sangat mudah ditemukan untuk dikonsumsi baik itu untuk keperluan sebagai obat tradisional atau olahan makanan dan minuman sehat bernilai gizi tinggi. Buah bit banyak mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan sedikit kandungan protein/ lemak.

Beberapa cara dalam mengkonsumsi buah bit adalah dibuat jus, direbus setengah matang untuk salad dan dihaluskan untuk sup. Namun harus diingat, dalam pengolahannya, kulitnya harus dibuang karena mengandung zat-zat bahaya dalam tubuh.

Beberapa manfaat dan khasiat dari olahan buah bit untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1). Menyeimbangkan kadar asam dan basa

Jus dari buah bit, merupakan jus terbaik untuk kesehatan tubuh, karena  mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorinm, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan zat-zat bergizi dan vitamin ini berfungsi menyeimbangkan kadar basa dan asam dalam tubuh, sehingga baik dalam menjaga keseimbangan tubuh kita.

Walau mengandung karbohidrat, tetapi kalorinya tetap bernilai rendah. Jadi Anda jangan khawatir, tidak akan mengalami penambahan berat badan saat mengonsumsi buah bit sebagai salah satu makanan favorit Anda atau disantap setiap hari.

READ:  11 Keistimewaan Buah Bit untuk Kesehatan

2). Obat sakit tenggorokan

Teknik pembuatan jus buah bit untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dari akar buah bit dicampur dengan buah-buahan atau sayur lainnya, diberi air dan gula secukupnya atau tambahan sedikit air jeruk lemon, lalu diblender. Jus ini siap diminum rutin 1x sehari (pagi hari).

Akar buah bit berfungsi baik sebagai minyak pelumas tali pita suara yang sakit sehingga sulit bicara dan tenggorokan terasa sakit dalam waktu tertentu. Dapat juga dibuat jus murni dari akar bit dan buah bit (sayuran organik) yang berguna dalam menyembuhkan kekakuan atau kelumpuhan pada pita suara.

3). Menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung serta pembuluh darah

Beberapa peneliti kesehatan di Inggris dan Amerika Serikat menyarankan, khususnya penderita hipertensi, untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Dengan minum jus dari umbi bit ini dapat menurunkan sakit hipertensi. Kandungan nitratnya dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian lain yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School menyarankan, untuk cara mudah menurunkan hipertensi adalah dengan rutin mengkonsumsi sari buah atau jus bit yang dapat dicampur dengan buah dan sayuran segar lainnya yang juga berfungsi baik di dalam memelihara kesehatan jantung.

Penelitian tersebut dalam salah satu percobaan ilmiahnya, menunjukkan bahwa tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam pada beberapa orang yang mengidap sakit hipertensi setelah rutin minum jus bit. 3-4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut hingga batas waktu 24 jam.

4). Meningkatkan stamina tubuh

Minum jus bit dapat membantu stamina dalam melakukan beberapa jenis olahraga dalam jangka waktu yang lebih lama yaitu 16% dari biasanya. Ini karena kandungan nitrat buah bit bisa mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam tubuh melalui keringat yang keluar, sehingga tidak mudah lelah.

READ:  9 Manfaat Kesehatan Oatmeal

Rutin minum jus buah bit di malam hari juga dapat menambah energi dalam melakukan aktifitas seksual Anda bersama pasangan dan tentunya dapat melancarkan aliran darah.

5). Masalah pencernaan

Berbagai penyakit yang disebabkan karena masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare dan disentri, bisa diatasi dengan mudah yaitu rutin minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau madu. Minuman ini sangat baik dikonsumsi setiap pagi hari sebelum sarapan dan akan membantu Anda mengurangi masalah sebah di bagian perut.

Daun bit yang masih muda juga bermanfaat banyak di dalam menanggulangi sakit karena masalah pencernaan, dengan diolah menjadi sayur lalapan.

6). Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu

Kombinasi jus bit, wortel, ketimun, jeruk lemon dan madu adalah merupakan salah satu kombinasi jus terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun dalam kedua organ penyaring terpenting di dalam tubuh tersebut.

7). Kaya antioksidan

Jus bit kaya akan kandungan antioksidan yang dibutuhkan terutama oleh pasien dengan masalah penyakit berat seperti kanker. Juga untuk detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut dan masalah wasir.

Kandungan buah bit kaya akan:

  • asam folat (34%) fungsi : menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak,
  • kalium (14,8%) fungsi : memperlancar keseimbangan cairan dalam tubuh,
  • serat (13,6%) dan vitamin C (10,2%) fungsi : menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
  • magnesium (9,8%) fungsi : untuk menjaga fungsi otot dan syaraf,
  • triptofan (1,4%) dan zat besi (7,4%) fungsi : metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
  • tembaga (6,5%) fungsi : membentuk sel darah merah,
  • fosfor (6,5%) fungsi : memperkuat tulang, caumarin yang berfungsi mencegah tumor dan betasianin sebagai pencegah kanker.
READ:  Mengenal Penyebab Mimisan dan Cara Cepat Mengatasinya

Di samping bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan beberapa jenis penyakit, buah bit juga banyak memiliki fungsi sebagai penambah kecantikan rambut, gradasi warna burgundy pada teknik pewarnaan rambut yang banyak dijumpai pada salon-salon modern, bisa membantu Anda dalam mewarnai rambut dengan bubuk henna. Cobalah memilih warna hitam lalu campur dengan jus akar bit warna merah. Hasilnya, rambut Anda akan terlihat hitam sempurna dengan gradasi burgundy yang memberikan tekstur rambut lebih sehat dan tetap cantik alami.

Sedangkan untuk mengatasi masalah ketombe yang parah, cobalah merebus beberapa buah bit dicampur sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Oleskan campuran tersebut secara rata ke seluruh kepala dan rambut, pijat lembut selama beberapa waktu. Biarkan semalaman sambil dibungkus dengan handuk kering. Keesokan harinya, bilas/keramaslah dengan menggunakan shampoo yang tepat.

Seribu satu manfaat dari buah bit, pantaslah membuat tanaman ini banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia maupun beberapa negara lain dari penjuru dunia. Anda pun dianjurkan untuk meluangkan waktu menyediakan buah bit baik untuk dipakai sebagai sayur maupun bahan untuk olahan minuman jus segar yang bermanfaat bagus terhadap kesehatan tubuh manusia.