5 Tips dan Cara Merawat Cat Kendaraan agar Selalu Terlihat Kinclong

Loading...

 Merawat Cat KendaraanSebelumnya telah dibahas sejumlah tips memilih warna cat kendaraan yang sesuai dengan kepribadian.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas sejumlah tips agar warna  kendaraan yang sehari-hari kita tunggangi untuk beraktifitas selalu terlihat bersih licin dan kinclong.

Apa sajakah itu? Berikut adalah tipsnya.

1. Hindari parkir di bawah terik matahari

Memarkirkan kendaraan di bawah terik matahari dengan suhu yang tinggi akan dapat membuat cat kendaraan mudah terkelupas dan terlihat kusam serta bercak-bercak. Karena itu parkirkan kendaraan anda di tempat-tempat teduh. Misalnya di dalam ruangan atau di bawah pohon perindang.

Jika terpaksa harus memarkir di bawah sinar matahari, anda dapat menggunakan wax sebagai cairan pelapis atau pelindung permukaan cat.

2. Hindari mencuci kendaran dengan sabun

Sabun dengan kandungan zat kimia  mempunyai sifat kasar yang dapat menggores bahkan merusak cat pada permukaan bodi kendaran. Karena itu sebaiknya gunakan shampo khusus untuk mencuci kendaraan anda.

Shampo khusus kendaraan ini dapat dengan mudah anda dapatkan di super market terdekat.

READ:  Tips Merawat Cat Mobil Tetap Kilap

3. Hindari air hujan

Air hujan dengan tingkat keasaman yang tergolong cukup tinggi dapat merusak warna cat kendaraan. Bila berlangsung dalam waktu yang lama hal ini dapat mempercepat proses pemudaran warna cat bahkan mempercepat proses korosi pada bagian logam seperti  pada mesin.

Karena itu segeralah membilas kendaraan anda dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet setelah anda gunakan di waktu hujan.

4. Hindari air garam

Selain air hujan, hal yang perlu kita hindari adalah air laut yang mengandung kadar garam cukup tinggi.Selain dapat merusak warna cat air laut juga dapat mengakibatkan bagian bodi kendaraan anda terkena karat.

Untuk mengatasi hal ini anda dapat melakukan hal yang sama untuk mengatasinya, yakni dengan segera membilasnya dengan air bersih agar kandungan garam yang menempel pada kendaraan anda dapat hilang. Selain itu anda juga dapat menggunakan cairan penghilang karat.

5. Hindari penggunaan zat kimia berlebihan

Beberapa orang kerap menggunakan sejumlah cairan zat kimia untuk mempercantik bodi kendaraan. Selain praktis hal ini juga dapat mempercantik penampilan kendaraan.

READ:  Alasan Mengapa Mobil Harus Memakai Alarm

Namun, ada baiknya anda jangan terlalu sering menggunakan cairan semacam itu karena secara perlahan dapat merusak warna cat kendaraan anda. Cairan semacam itu dapat mengikis lapisan cat bodi kendaran, sehingga warna akan menjadi kusam dan cat menjadi pudar.

**

Selain sejumlah tips di atas, masih ada beberapa hal lain yang patut anda perhatikan agar cat kendaraan anda selalu tampak baru, bersih dan kinclong.

Pertama adalah menyangkut penggunaan bahan atau alat pembersih saat anda membersihkan debu atau kotoran pada kendaraan anda. Untuk membersihkan debu halus pada permukaan cat kendaraan, sebaiknya gunakan kemoceng yang lembut dan bersih. Seperti misalnya kemoceng dari bulu domba, bulu ayam atau microfiber.

Sementara jika terdapat debu yang tebal dan melekat seperti kotoran burung, bangkai serangga atau getah, siramlah dengan air secukupnya lalu keringkan dengan lap berbahan lembut dan jangan tekan terlalu kuat untuk menghindari goresan.

Anda juga perlu membedakan lap untuk membersihkan permukaan atas (body) kendaraan dengan bagian bawah (ruangan mesin) untuk menghindari timbulnya goresan pada permukaan cat.