Yuk Kenali 7 Kue Natal Khas Negara Eropa!

Loading...

Natal di Eropa memang identik dengan musim dingin karena jatuh pada bulan Desember. Musim dingin atau musim salju di eropa juga identik dengan makanan hangat maupun kue-kue berbahan rempah seperti kayu manis, jahe dan lain sebagainnya.

Kue-kue tersebut sebagian besar memang dihidangkan pada malam perayaan Natal. Namun ada juga yang menikmatinya sepanjang musim dingin.

Perpaduan rasa antara manis dan asam menjadi ciri khas sebagian kue Natal khas Eropa. Mereka sering menggunakan bahan manis seperti gula dan coklat, begitu juga yang asam seperti kismis, selai, buah-buahan kering dan lainnya.

Mau tau kue apa saja yang disajikan pada musim Natal di Eropa? yuk simak ulasan kami.

1. Stollen dan Gingerbread

Kue Natal Stollen dan Gingerbread

Stollen dan Gingerbread merupakan dua kue khas Jerman. Stollen biasa terbuat dari mentega, telur dan tepung yang dicampur dengan aneka biji-bijian dan buahb-buahan kering, kemudian diatasnya ditaburi gula halus yang serupa dengan bentuk butiran salju khas musim dingin.

Sedangkan gingerbread adalah kue kue kering yang terbuat dari kayu manis bubuk, cengeh bubuk, bunga pala bubuk dan juga kapulaga bubuk. Kue khas Jerman juga biasanya berbahan marzipan atau kacang almond yang dicampur dengan gula.

READ:  9 Kota Terbaik Untuk Tujuan Wisata 2015

2. Oliebollen

Kue Natal Oliebollen

Dari namanya mungkin anda sudah mengenalnya. Ya, yang satu ini adalah kue khas negara Belanda. Oliebollen merupakan kue yang biasanya ditemukan pada musim dingin dan dihidangkan terutama pada hari Natal dan Tahun Baru.

Bahan-bahan Oliebollen adalah gandum, telur, susu, soda kue, garam dan biasanya ditambahkan bahan lain seperti kismis dan irisan buah apel. Setelah dibentuk bulat-bulat, adonan kemudian digoreng dan ditaburi gula halus. Manis dan hangat!

3. Krumkake

Krumkake

Kue yang berbentuk seperti es krim cone ini merupakan kue khas Natal asal Norwegia. Dengan motif cantik pada cone-nya, krumkake biasanya diisi dengan whipe krim yang dicampur dengan buah berry atau selai buah lainnya. Cukum simpel dan lezat bukan?

4. Panettone

Kue Natal Panettone

Kue lezat yang satu ini berasal dari Italia. Tak banyak berbeda dengan kue Stollen, Panettone berukuran lebih kecil seperti cupcake. Begitu pula isinya yang terdiri dari buah-buahan kering hingga biji-bijian yang lezat.

5. Florentines

Florentine Cookies

Masih dari negara Italia, kue yang satu ini lebih tepat disebut kue kering atau kudapan yang cocok dihidangkan dengan teh atau kopi panas. Florentines merupakan kue yang terbuat dari kacang-kacangan dan diolesi coklat di atasnya. Rasanya yang manis dan gurih dipadu dengan coklat yang lezat, siapa yang tak ingin menikmatinya?

READ:  5 Tempat Angker di Bandung

6. Lussekat

Kue Natal lussekatte

Hmm! Leussekat yang merupakan kue berbentuk roti khas negara Swedia dan Finlandia ini  biasa dibumbui dengan saffron, kayu manis dan buah segar. Meskipun berbentuk kecil, roti Lussekat haruslah bertekstur sangat lembut. Bentuknya yang seperti huruf S dan berwarna kuning ini tepat dihidangkan dengan minuman hangat.

7. Buche de Noel

Kue khas Natal Buche de Noel

Prancis memang terkenal akan kue-kue yang lezat. Di musim Natal, tentu terdapat kue yang sangat lezat karena lapisan coklatnya. Ya, Buche de Noel! Kue ini mirip seperti kue bolu yang digulung dengan krim lezat.

Kue ini biasanya berbentuk batang pohon yang didekorasi dengan hiasan-hiasan khas natal yang terbuat dari marzipan. Dengan serat kayu yang merupakan butter cream rasa coklat, buche de noel menjadi kue khas natal yang tepat dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

***

Itulah beberapa kue khas Natal yang biasa dihidangkan di negara-negara Eropa, semoga bisa menjadi inspirasi anda di Natal tahun ini!