4 Hewan Peliharaan yang Menguntungkan untuk Bisnis dan Investasi

Loading...

Bisnis Hewan PeliharaanAnda termasuk salah seorang pecinta binatang? Atau anda memiliki binatang peliharaan di rumah? Jika ya, ada baiknya anda mulai memikirkan untuk mengembangkan hoby anda tersebut menjadi sebuah peluang bisnis sampingan yang menjanjikan.

Memiliki binatang peliharaan memang merupakan hal yang sangat mengasyikan. Terlebih jika binatang yang anda pelihara memiliki nilai jual tinggi. Selain dapat menghilangkan stres, anda pun dapat menghasilan uang dari hoby anda memelihara hewan tersebut.

Namun apa sajakah hewan peliharaan yang memiliki nilai jual tinggi sehingga dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan?

Berikut adalah beberapa hewan peliharaan yang memiliki niai jual dan pangsa pasar cukup tinggi. Baik untuk beternak ataupun sekedar infestasi dengan memeliharanya dari kecil untuk kemudian menjualnya ketika telah besar.

1. Kucing Persia

Kucing memang merupakan salah satu hewan peliharaan favorit yang banyak diemari di seluruh dunia. Dari sekian banyak jenisnya, kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang sangat digemari karena tampilannya yang lucu dan menggemaskan.

READ:  6 Tips Mengubah Rumah Anda Menjadi Kantor

Selain itu kucing Persia juga mempunyai harga jual yang cukup tinggi dengan kisaran antara 1,5 hingga 4 juta rupiah untuk setiap ekornya. Dengan masa beranak 2-3 kali setahun, dan satu kali beranak bisa mencapai 6 ekor, maka memelihara kucing Persia bisa menjadi lahan bisnis yang patut anda coba.

2. Anjing Pitbull

Selain kucing, anjing juga merupakan salah satu hewan peliharan favorit. Dari berbagai jenis anjing yang ada, anjing American Pitbull Terrier merupakan jenis anjing yang belakangan banyak digemari.

Anjing petarung asal Amerika ini memiliki harta selangit yakni satu ekor anjing pitbull dapat mencapai 20 juta. Sementara harga standart untuk anjing pitbull umur 1 tahun sekitar 3 juta.

3. Burung Kenari

Hewan peliharan yang memiliki nilai jual tinggi berikutnya adalah burung kenari. Burung lucu yang sangat mudah dipelihara ini juga terbilang mudah untuk dibudidayakan. Tak sedikit ibu-ibu rumah tangga di luar negri seperti Amerika sejak lama telah membudiyakan burung ini sebagai bisnis sampingan.

Dengan harganya yang mencapai 300 untuk jenis lokal dan 1-4 juta untuk jenis silangan lokal-impor, dan 4-10 juta untuk jenis impor, burung ini layak untuk dipelihara. Terlebih harga pasaran burung kenari sampai saat ini sangat stabil bahkan cenderung naik.

READ:  7 Bisnis Kecil yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

4. Ikan Arwana

Jika anda tidak menyukai binatang darat yang berbulu seperti anjing, kucing atau unggas, anda dapat mencoba memelihara binatang peliharaan yang hidup di air seperti ikan hias.

Salah satunya adalah ikan arwana. Selain memiliki harga stabil, ikan arwana juga merupakan ikan yang memiliki banyak penggemar di kalangan pecinta ikan hias.

Dari sekian banyak jenisnya, arwana super red adalah jenis yang paling banyak diminati pembeli terutama asal luar negeri, seperti Jepang, Korea Selatan, dan China. Untuk ukuran panjang 25 cm harga jenis ini bisa mencapai Rp10 juta lebih per ekor.

Sementara arwana Irian yang banyak digemari pehobi dalam negeri harganya sekitar Rp 90.000 per ekor. Sedangkan jenis golden pino sepanjang 15 cm mencapai Rp400.000, dan silver (Brasil) panjang 20 cm mencapai Rp100.000 per ekor.

**

Dari semua jenis hewan peliharaan tersebut memang semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu anda perhatikan adalah bukan memilih hewan mana yang paling menguntungkan untuk dipelihara. Namun adalah hewan mana yang paling anda sukai.

READ:  8 Manfaat Kesehatan Punya Hewan Peliharaan

Karena bagaimanapun memelihara hewan peliharaan tidak bisa dilakukan tanpa rasa cinta. Selamat mencoba.