5 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental

Loading...

Posisi dalam yogaPosisi dalam yoga

Yoga memiliki efek positif yang luar biasa pada kesehatan mental kita. Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai manfaat yang akan kita dapatkan dari ber-yoga, mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu kesehatan mental. Jadi, kesehatan mental adalah kemampuan berpikir manusia untuk menghadapi dan memecahkan masalah dan memilih alternatif benar yang menghasilkan kebahagiaan.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat yang akan di dapatkan dari beryoga.

1. Mengurangi Rasa Cemas

Kecemasan yang parah dapat menyebabkan terjadinya masalah pada kesehatan seperti jantung berdebar, kepala terasa sakit yang tidak biasa, kelelahan, mual, sesak napas, gelisah, dan bahkan nyeri pada dada. Yoga asanas membantu dalam proses penyembuhan masalah setelah perawatan seperti psikoterapi dan beberapa obat anti-depresi. Yoga membantu seseorang mengembangkan keadaan pikiran yang lebih kuat, sehingga mengatasi ketakutan dan mencegah terjadinya bahaya akibat kecemasan yang berlebihan. Asanas membantu sistem saraf untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam tahap ini. Berkat yoga, seseorang dapat memperoleh kesadaran diri yang lebih baik dan mengembangkan pikiran agar lebih fokus.

READ:  Prenatal Yoga, Yoga untuk Ibu Hamil

2. Menghindari Depresi

Depresi adalah tahap lanjut dari kesedihan yang berlebihan. Meskipun depresi sederhana dapat diobati dengan mudah, depresi berat berlangsung untuk waktu yang lama, dan bisa jadi berbahaya. Gejalanya antara lain: sering merasa lelah secara fisik dan mental, perubahan nafsu makan, rasa takut yang intens atau melankolis, cepat marah, kehilangan minat dalam kegiatan yang biasa, perubahan pola tidur, perasaan bersalah dan putus asa, halusinasi, berpikiran mengenai bunuh diri terjadi secara berulang atau sering berikir mengenai kematian. Yoga berguna dalam menyembuhkan salah satu dari masalah ini. Anda dapat berlatih yoga sebagai suplemen untuk pengobatan. Ini membantu mengurangi stres dan menciptakan keadaan rasa damai dalam pikiran.

3. Latihan Yoga

Psikolog menyadari bahwa olahraga ringan baik untuk depresi dan kecemasan. Postur yoga yang dikembangkan untuk memperkuat fisik, memberikan kelenturan pada tubuh dan keseimbangan. Setiap postur yoga memiliki manfaat bagi cardio/jantung. Denyut jantung sering naik saat melakukan postur tersebut. Di antara berbagai postur dalam yoga, Anda akan diberikan jeda atau istirahat. Jadi berlatih postur yoga menjadi jauh lebih mudah daripada melakukan latihan konvensional atau olahraga biasa.

READ:  Yoga, Penyembuh Alami Sakit Kepala

4. Peran Filsafat Yoga

Mempraktekkan yoga mengubah persepsi kita tentang dunia. Ini mengubah sikap kita terhadap tujuan yang dapat dicapai dan pendekatan terhadap keberhasilan dan kegagalan. Filosofi yoga mengajarkan kita untuk tidak tertekan dalam frustrasi.

5. Peran Niyamas dan Yamas

Niyamas dan yamas membantu mendirikan penyesuaian pribadi yang memadai dan penyesuaian sosial, sehingga mengurangi sebagian besar efek depresi. Dengan sistematis berlatih yoga, seseorang dapat menyerap nilai-nilai dalam diri. Seperti yoga, ego yang membatasi keinginan dan dalam kesetaraan. Latihan yoga dapat mengalihkan perhatian seseorang dari pengalaman frustasi.

Yoga memiliki beberapa metode mengatasi gangguan mental. Yamas dan Niyamas memberikan dasar untuk disiplin dan penyesuaian secara keseluruhan dengan lingkungannya. Asana dan pranayama dapat merubah emosi menjadi lebih positif. Berkat Yoga, seseorang dapat mengembangkan pendekatan terhadap kehidupan.

(photo: dhyoga.com)