5 Film yang Mengangkat Kisah Hidup Tokoh Nasional

Loading...

film soekarnoPerkembangan dunia perfilman Indonesia saat ini terbilang cukup bagus. Jika dulu dunia perfilman Indonesia banyak didominasi film-film horror-komedi, kini tak sedikit produser tanah air mulai mengangkat film-film berlatar belakang kisah nyata yang sebelumnya laris melalui novel.

Tak hanya itu, diangkatnya sejumlah film dengan latar belakang kisah hidup tokoh-tokoh nasional juga menjadi alternatif bagi pecinta film Indonesia.

Apa sajakah film-film garapan sutradara Indonesia yang mengangkat sejumlah tokoh nasional dan terbilang laris di pasaran?

Berikut adalah 5 di antaranya.

1. Gie

Gie adalah sebuah film laris tahun 2005 garapan sutradara Riri Riza yang mengisahkan seorang tokoh berdarah Tiong hua bernama Soe Hok Gie. Film dengan dana mencapai 11 miliar dengan durasi 147 menit ini mengisahkan hidup Sue Hok Gie sebagai mahasiswa Universitas Indonesia, aktifis, demonstran sekaligus pecinta alam.

Film yang diangkat dari buku ‘Catatan Seorang Demonstran’ tahun 1983 karya tokoh aslinya Soe Hok Gie (1942-1969) ini ini dibintangi Nicholas Saputra (Gie), Jonathan Mulia (Soe Hok Gie muda), Thomas Nawilis (Tan Tjin Han), Christian Audi (Tan Tjin Han muda), Sita Nursanti (Ira), dan lain-lain.

READ:  Kisah Jam Tangan Chronograph

Film ini sukses menyabet tiga perhargaan dalam Festival Film Indonesia tahun 2005, masing-masing untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik (Nicholas Saputra), dan Penata Sinematografi Terbaik (Yudi Datau).

 2. Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012 yang dibintangi oleh Reza Rahardian yang memerankan presiden ke-3 Indonesia, Prof BJ Habibie, Bunga Citra Lestari yang memerankan istri Habibie, Ainun Habibie dan Tio Pakusadewo yang memerankan presiden Suharto.

Film ini diangkat dari memoir yang ditulis langsung oleh Habibie mengenang mendiang istrinya, Ainun Habibie dalam buku ‘Habibie dan Ainun’.

Film Habibie & Ainun ini sukses menyabet sejumlah penghargaan di ajang Indonesian Movie Awards 2013 dengam meraih penghargaan Film Terfavorit dan Soundtrack Film Terfavorit. Selain itu Reza Rahadian yang berperan sebagai Habibie juga dinobatkan sebagai Pemeran Pria Terfavorit.

Film Habibi & Ainun yang diproduseri Manoj Punjabi ini juga mampu mencetak box offiice dengan jumlah penonton lebih dari 4,5 juta orang.

READ:  Inilah 7 Novel Paling Banyak Dibaca di Dunia

3. Sang Pencerah

Film Sang Pencerah adalah film drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film yang mengangkat kisah nyata pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan ini dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan, Ihsan Idol sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

Film ini mengisahkan kehidupan sosok pahlawan nasional itu dalam mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah sekaligus sebagai pembaharu Islam di Indonesia.

4. Soegija

Film Soegija adalah film drama epik sejarah dari Indonesia yang disutradarai oleh sutradara senior Indonesia Garin Nugroho. Film ini dibintangi oleh budayawan Nirwan Dewanto yang memerankan tokoh pahlawan nasional sekaligus seorang pastur, Albertus Soegijapranata.

Film dengan anggaran sekitar Rp 12 Miliar ini dirilis pada tanggal 7 Juni 2012. Mengambil cerita dari catatan harian tokoh Pahlawan Nasional Mgr. Soegijapranata, SJ film ini berlatar belakang perang kemerdekaan Indonesia sekaligus pendirian Republik Indonesia Serikat pada periode tahun 1940 – 1949.

5. Soekarno : Indonesia Merdeka!

Film Soekarno : Indonesia Merdeka! merupakan film terbaru yang mengisahkan tokoh nasional sekaligus presiden pertama Indonesia Soekarno. Film garapan sutradara kenamaan Hanung Bramantyo ini baru saja dirilis pada 11 Desember 2013 lalu dengan mengambil latar cerita tahun 1920an hingga kemerdekaan Republik Indonesia.

READ:  6 Posisi Tidur dan Ciri-Ciri Kepribadian

Film ini mengisahkan hidup Soekarno bersama ibu Inggit dan Fatmawati yang mewarnai perjalanan Soekarno mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Film yang diproduseri Raam Punjabi ini dibintangi oleh Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno, Lukman Sardi sebagai Muhammad Hatta, Maudy Koesnaedi (Inggit), Tika Bravani (Fatmawati) dan Tanta Ginting (Syahrir).

Akankah film Film Soekarno : Indonesia Merdeka! Ini mampu menyamai prestasi film-film yang mengangkat tokoh naisonal seperti sebelum-sebelumnya? Kita lihat saja.

(foto: damniloveindonesia.com)