Manfaat Tersembuyi dari si Kuning Popcorn

Loading...

manfaat popcornApakah Anda pernah membayangkan bahwa cemilan saat nonton yang berwarna kuning dengan berbagai rasa ini, benar-benar bisa memberi kesehatan bagi Anda?

Popcorn yang biasanya dijadikan sebagai cemilan saat nonton dan dianggap sebagai makanan yang hanya memberi rasa pada mulut ini baru-baru ini telah dijadikan objek penelitian. Penelitian yang dilakukan menghasilkan pernyataan yang mengejutkan karena ternyata  popcorn polos termasuk sebagai cemilan yang dapat memberikan kekuatan karena dikemas dengan nutrisi.

Jadi pada saat Anda lapar, mengonsumsi popcorn sebagai cemilan dapat memberikan kesehatan untuk Anda di samping sebagai penahan lapar.

Penasaran dengan manfaat kesehatan dari popcorn? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Kaya akan Antioksidan

Biji yang terdapat pada popcorn diketahui merupakan bagian dari popcorn yang kaya akan antioksidan. Biji popcorn ini biasanya akan terjebak di antara sela gigi saat Anda mengunyah dan membuat Anda merasa jengkel. Namun biji yang membuat Anda merasa susah inilah yang ternyata mengandung antioksidan yang disebut polifenol.

Sama halnya dengan fungsi antioksidan dalam buah dan sayur, biji popcorn ini juga membantu dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh yang akan mencegah penyakit jantung , kerusakan sel dan proses penuaan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga diketahui membantu dalam mencegah kanker.

READ:  Cara Menguji Demensia Menggunakan MMSE

Satu-satunya alasan bahwa popcorn mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah karena popcorn tidak memiliki kadar air di mana antioksidan tidak diencerkan. Popcorn juga dikenal memiliki antioksidan yang disebut ferulic acid yang terdapat dalam makanan seperti beras, barley, kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang memiliki manfaat kesehatan yang sama.

2. Kandungan Lemak Lebih Kecil dari Makanan Ringan Lain

Karena popcorn adalah makanan yang dapat dimakan langsung tanpa menambahkan makanan lain, maka inilah yang menjadikannya sebagai cemilan dengan kandungan yang rendah kalori. Selain itu, popcorn juga dikenal memiliki kandungan rendah lemak yang lebih rendah daripada makanan ringan lain yang mengandung banyak minyak.

Tapi harus diingat, jika Anda makan popcorn yang dibuat dari mentega dan beberapa jenis perasa, maka Anda tidak akan mendapatkan manfaat kandungan yang rendah kalori dari cemilan ini.

3. Mengandung Kebaikan Biji-bijian

Popcorn yang berasal dari biji jagung, mengandung semua kebaikan yang ditemukan dalam biji-bijian. Para ahli menyatakan bahwa popcorn yang berasal dari biji gandum mengandung Vitamin E, B, protein, mineral, minyak sehat, pati dan serat.

READ:  5 Manfaat Menakjubkan Tidur Siang

Jadi, ketika Anda mengkonsumsi popcorn, Anda benar-benar memakan biji-bijian yang merupakan bagian penting untuk tubuh Anda.

4. Mengandung Banyak Serat

Salah satu manfaat kesehatan utama dari popcorn adalah kandungan sehat dari serat karena berasal dari biji jangung. Serat dikenal sangat baik untuk membantu masalah sistem pencernaan.

Asupan serat juga dapat mengontrol kolesterol dan juga mengatur gula darah. Hal ini dapat mengurangi ancaman penyakit jantung dan menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

5. Mudah Dicerna

Salah satu manfaat kesehatan lain yang tersembunyi dari popcorn adalah bahwa cemilan ini mudah untuk diproses. Anda dapat mendapat semua kebaikan dari popcorn tetapi  tanpa mengonsumsi dengan tambahan perasa dan emulsifier tambahan.

**

Demikian beberapa manfaat mangejutkan dari popcorn yang biasanya dianggap sebagai cemilan yang paling rendah di antara jenis cemilan lainnya. Banyak yang menganggap cemilan itni tidak mengandung manfaat untuk tubuh, tetapi dengan pengetahuan tambahan ini maka popcorn tidak akan dianggap hanya sebagai cemilan biasa saja.

READ:  Menikah itu Sehat!

Untuk mendapatkan manfaat popcorn seluruhnya, Anda dapat mengonsumsinya tanpa menggunakan tambahan perasa dan mengolahnya dengan menggunakan mentega atau minyak yang rendah lemak. Semoga bermanfaat.