Mengenal Kanker Payudara pada Pria

Loading...

Mengenal Kanker Payudara pada PriaSementara kanker payudara jarang terjadi pada pria – sekitar 100 kali lebih kurang umum terjadi pada pria dibandingkan pada wanita – ia bisa terjadi.

Sebagian besar kanker payudara pada pria terdeteksi antara usia 60 dan 70 tahun , dan kemungkinan seorang pria mengembangkan kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia.

“Pria sering datang dengan tahapan kanker payudara yang sudah maju, ” kata Christopher Potongan, MD, direktur onkologi bedah di Abington Memorial Hospital di Abington, Pa. Hal ini karena pria sering mengabaikan gejala.

Tanda-Tanda dan Gejala

Selain benjolan, tanda-tanda dan gejala kanker payudara pada pria juga dapat mencakup:

– Puting yang tiba-tiba menjorok ke dalam

– Nyeri puting

– Luka pada puting dan areola

– Pelepasan puting

– Perubahan pada kulit yang menutupi payudara.

Perbedaan Gender

Meskipun kanker payudara mempengaruhi baik pria maupun wanita, ada beberapa perbedaan gender yang terlihat. Pezzi, yang meneliti kanker payudara pada pria dan mengobati tiga hingga lima pasien kanker payudara laki-laki dalam setahun, menemukan bahwa kebanyakan pria cenderung didiagnosis di kemudian hari dibandingkan wanita.

READ:  Tes Darah Dapat Mengenali Kanker Pankreas Lebih Dini

Dalam mempelajari perbedaan pada kanker payudara pria dan wanita , ia dan rekan-rekannya melacak lebih dari 13.000 pria dan hampir 1,5 juta wanita dengan kanker payudara yang datanya disimpan dalam National Cancer Data Base tahun 1998-2007.

Pezzi dan rekannya menemukan bahwa:

– Rata-rata pria didiagnosis pada usia 63 tahun, sedangkan wanita adalah 59 tahun.

– Pria memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun lebih rendah – 74 persen dibandingkan dengan 83 persen untuk wanita.

– Ketika menentukan pengobatan, pria lebih mungkin untuk mendapatkan mastectomy penuh, sementara wanita lebih cenderung memilih operasi yang lebih konservatif, seperti lumpectomy.

“Diagnosis dini telah membuat perbedaan besar dalam kanker payudara pada wanita dalam 30 tahun terakhir,” kata Pezzi. “Kami ingin melihat kemajuan yang sama bagi pria.”

Langkah Berikutnya

Meskipun kanker payudara pada pria jarang terjadi, penting bagi Anda dan orang yang Anda cintai untuk mewaspadai penyakit dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips:

– Waspadai gejala yang mencurigakan, seperti benjolan pada payudara, puting menelungkup atau pendarahan pada puting.

READ:  Tips dan Cara Merawat Kulit Kering

– Jangan abaikan gejala, carilah bantuan medis.

– Jika seorang dokter memberitahu Anda bahwa itu bukan apa-apa namun terus berlanjut, mintalah opini kedua.

– Jika Anda memiliki banyak kerabat dengan kanker payudara, tanyakan perihal tes genetik untuk melihat apakah Anda membawa mutasi gen (BRCA 1 atau 2) yang meningkatkan resiko kanker baik untuk wanita maupun pria.

Menurut Mayo Clinic, makan makanan yang kaya buah dan sayuran belum konsisten menunjukkan telah menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara. Selain itu, diet rendah lemak tampaknya hanya menawarkan sedikit penurunan resiko kanker payudara.

Namun, makan makanan yang sehat dapat menurunkan resiko kanker jenis lain, serta diabetes, penyakit jantung dan stroke. Diet sehat juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat – faktor kunci dalam pencegahan kanker payudara.