Kenali Penyebab Mengapa si Kecil Menangis di Tengah Malam

Loading...

si Kecil Menangis di Tengah MalamBagi Anda yang baru saja hidup berkeluarga, kehadiran seorang bayi yang akan meramaikan dan menghiasi hari-hari Anda pasti merupakan suatu hal yang sangat diidam-idamkan.

Memiliki seorang bayi berarti Anda harus siap menerima resiko selama proses membesarkannya, karena tahapan bayi pada proses pertumbuhan merupakan tahapan dimana manusia ada dalam masa yang paling sensitif.

Salah satu rintangan yang wajib Anda pelajari adalah menangisnya bayi Anda pada saat tengah malam. Hal ini pasti mengganggu waktu istirahat Anda, apalagi bagi Anda yang bekerja dari pagi hingga malam. Selain merasa terganggu, Anda juga pasti bertanya-tanya dan tentunya khawatir akan apa yang sebenarnya terjadi pada bayi Anda.

Berikut adalah penyebab-penyebab bayi Anda menangis pada saat tengah malam.

Buang Air

Penyebab pertama bayi Anda menangis pada saat tengah malam adalah buang air. Setelah buang air, kelembapan popok bayi Anda akan meningkat sehingga menyebabkan rasa gelisah pada si kecil. Tidak hanya menyebabkan rasa gelisah, popok yang lembab dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi Anda yang masih sangat sensitif.

READ:  Tumbuh Gigi? Hindari Penggunaan Benzocaine Pada Bayi Anda

Maka dari itu, untuk para orang tua dan khususnya para ibu, disarankan untuk mengganti popok buah hati Anda sebelum mengantarnya tidur agar ia dapat tidur dengan nyenyak dan damai.

Lapar

Rasa lapar yang terkadang dapat menyerang si kecil secara tiba-tiba, menjadi penyebab bayi rewel di malam hari. Suatu keuntungan bagi bayi ASI, Ibu tidak perlu repot ke dapur menyiapkan susu untuk bayi. Anda bahkan dapat menyusui sambil berbaring.

Nah untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, bila bayi menangis karena lapar, tentu Ibu atau Ayah harus menyiapkan susu demi meredam tangisan bayi dan bayi dapat tertidur nyenyak kembali.

Mimpi Buruk

Selain 2 faktor di atas, mimpi buruk juga bisa menjadi penyebab menangisnya bayi Anda. Pada saat mengalami mimpi buruk bayi biasanya akan merasa takut atau kehilangan, sehingga mendorong bayi Anda untuk menangis. Hal ini tidak dapat dihindari dengan mengganti popok bayi Anda atau memberinya susu sebelum tidur.

Ada 2 cara yang mungkin dapat Anda lakukan untuk masalah yang satu ini.
Yang pertama, doakan bayi Anda sebelum pergi tidur. Yang kedua adalah, jika mengalami hal semacam ini, Anda harus bangun dan menenangkan si kecil hingga ia kembali tidur.

READ:  Solusi Alami Mengatasi Mata Belekan pada Bayi

Sakit

Faktor penyakit bisa saja membangunkan bayi Anda dan membuatnya menangis lantaran rasa tidak nyaman pada tubuhnya.

Faktor ini merupakan faktor yang harus diperhatikan para orangtua, deteksi penyakit pada buah hati Anda harus sesegera mungkin sebelum penyakit tersebut bertambah parah.

**

Itulah penyebab-penyebab mengapa bayi Anda menangis pada tengah malam. Anda sebagai orang tua dilarang keras untuk mengabaikan hal tersebut, karena bayi belum bisa berbicara dan bahkan bahasa isyarat yang ia utarakan kepada Anda belum tentu dapat Anda mengerti dengan baik.

Semoga bermanfaat.